Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Dina Anggreini Yulia Putri, Ahmad Kholiqul Amin, Taufiq Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh model pembelajaran Inquiri Based Learning (IBL)terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP N 2 Jiken pada materi bangun ruang sisi datar; 2) minat belajar peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP N 2 Jiken yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Inquiri Based Learning(IBL). Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design dengan desain penelitian postest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 2 Jiken. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes kemampuan berpikir kritis, dan angket minat belajar peserta didik. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test melaui bantuan Software SPSS. Sedangkan angket minat belajar peserta didik  dianalisis dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inquiri Based Learning (IBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP N 2 Jiken pada materi bangun ruang sisi datar dengan nilai sig(2.tailed) sebesar 0,000 < 0,05. 2) minat belajar peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran Inquiri Based Learning (IBL) tergolong tinggi dengan rata-rata presentase sebesar 80,55%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiri Based Learning(IBL) jauh lebih baik dari pada penggunaan model pembelajaran konvensional.

Kata kunci: inquiri based learning (ibl), berpikir kritis, bangun ruang sisi datar


Full Text:

PDF

References


Amin, A. K., Degeng, N. S., Setyosari, P., & Djatmika, E. T. (2021). The Effectiveness of Mobile Blended Problem Based Learning on Mathematical Problem Solving. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(1), 119–141. https://doi.org/10.3991/IJIM.V15I01.17437

Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167–178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.630

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti (ed.); 3rd ed.). PT Bumi Aksara.

As’ari, Abdur Rohman, Mohammad Tohir, Erik Valentino, Zainul Imron, I. T. (2017). Matematika-studi dan pengajaran kementrian pendidikan dan kebudayaan (2nd ed.). pusat kurikulum dan perbukuan, balibang, kemendikbud.

Budiyono. (2016). statistika untuk penelitian (Suyono (ed.); 4th ed.). UNS Press.

Dewi, S. L., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Metode Mengajar Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 755–764. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.755-764

Fahyuni, N. dan E. F. (2016). INOVASI MODEL PEMBELAJARAN. Nizamia Learning Center Sidoarjo.

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822

Fitriani, E., & Saleh, A. (2014). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperaif Numbered Head Together (NHT) dengan Konvensional terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ketenagakerjaan. Jurnal Sains Ekonomi Dan Edukasi, II(2), 1–9.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870

Gunardi. (2020). Inquiry Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. 3(3), 2288–2294.

Hidayat, T., & Astuti, R. F. (2018). Team Assisted Individualization Berbasis Penyelesaian Masalah: Metode Baru Dalam Pembelajaran Teori Ekonomi Mikro. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(Vol 28, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL), 44–53. http://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/7589/4334

Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 283–290. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.39

Ibrahim. (2017). Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) dengan Cooperatif (Make-a Match) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(2), 199–212.

Indriyanti, D., Bharata, H., & Sutiarso, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Confidence Siswa. 6, 305–318.

Jafar, A. F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil the Implementation of the Conventional Learning Method To. 3(2), 190–199.

Jayadinata, A. K., & Gusrayani, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi Bunyi. 1(1).

Jumanti , lilas, P. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Inquiri Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 26 Makassar.

Kencanawaty, G. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Research and Development Journal of Education, 2(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v2i2.1425

Kristanto, Y., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 22(2), 197–208.

Kurniasi, A. Z. (2019). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMPN 25 CENRANA. universitas muhammadiyah makassar.

Kusumaningtyas, W. (2016). EFEKTIVITAS METODE INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. E-DuMath, 2(1), 102–108.

Lestari, I., & Putri, N. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 87. https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.391

MARTINI. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun- Bangun Yang Sebangun dan Kongruen Melalui Model Pembelajaran Inquiry Pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Rantau Selamat ”. 5, 33–42.

Maryam, Kusmiyati, I. W. M. dan I. P. A. (2020). EFFECTS OF INQUIRY LEARNING MODEL ON STUDENTS ’ CRITICAL THINKING. 15(3), 206–213. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1355

Maryati, S. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN SISI LENGKUNG MELALUI METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS IX-D SMP NEGERI 30 JAKARTA UTARA Siti Maryati SMP NEGERI 30. 01(02), 84–93.

Mellita, Sri Ajeng, L. R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 11(2), 133. https://doi.org/10.32678/primary.v11i02.2323

Miharja, U., Rumanta, M., & Rahayu, U. (2021). Pengaruh Model Inquiry-Based Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 55–64. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3027

Phasa, K. C. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 711–723. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.296

Prameswari, G., Apriana, R., & Wahyuni, R. (2018). Pengaruh Model Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas X Sma Negeri 3 Singkawang. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 35. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.522

Prayuga, Y., & Abadi, A. P. (2019). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1d), 1052–1058. file:///C:/Users/MeLinDa/Downloads/2451-File Utama Naskah-7123-1-10-20191212.pdf

Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. Prosiding Seminar Nasional Matematika IX 2015, 58–64.

Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Viii Smp. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74–87. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078

Rahayu, T. (2018). Penerapan Inquiry Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Tulungrejo Tulungagung. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 175. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.172

Rohani. (2017). Edu Science MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INKUIRI DENGAN KONVENSIONAL PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL ( SPLTV ) DI KELAS X SMA NEGERI 1 BILAH HULU Edu Science. 4(1), 1–7.

Rojabiyah, A. B., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa MTS Kelas VII Dalam Pembelajaran Matematik Materi Aljabar Berdasarkan Gender. Journal On Education, 01(02), 458–464.

Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI VEKTOR DI KELAS X MIPA 3 SMAN 2 JEMBER. 9(2), 64–70.

Setiawan, J., & Royani, M. (2013). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Metode Inkuiri. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.20527/edumat.v1i1.637

Siagian, A. F. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(3), 299–306. https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i3.5289

Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2082

Solihah, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang melalui Model Pembelajaran Inquiry di Kelas IX . 6 SMP Negeri 1 Gunungputri Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2018 / 2019 Siti Solihah Abstrak. 1, 13–18.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (26th ed.). Alfabeta.

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar

Syari, R., Solfitri, T., & Armis. (2020). Implementation of Inquiry Learning Model To Improve Mathematical Learning Outcomes of Students in Class Viiia Smpn 4 Tambang. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.33578/prinsip.v2i2.44

Widoyoko, eko putro. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penellitian (4th ed.). PUSTAKA PELAJAR Celeban Timur UH III/548 Yogyakarta.

Yusri Firdaus. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Jurnal Cendekia, 12(1), 103–114. https://doi.org/10.37850/cendekia.v12i1.114

Yusuf, E. (2022). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 02 Bengkulu utara. 1(4), 529–534.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.