Pengaruh Media Interaktif Pesiran berbasis Android terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 7 Subtema 3 Kelas V SDN Dukuh Kupang III/ 490 Surabaya
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan dari penggunaan media interaktif pesiran berbasis android terhadap hasil belajar siswa tema 7 subtema 3 materi IPS dan respon siswa setelah pembelajaran menggunakan media interaktif pesiran berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian NonEquivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini kelas V SDN Dukuh Kupang III/490 Surabaya. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling yaitu sampling jenuh, sampel pada penelitian ini berjumlah 46 siswa. Hasil penelitian menggunakan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan:1) Media interaktif pesiran berbasis android berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, terbukti dari hasil uji mann whitney. Hasil uji diperoleh nilai sebesar 0,004. Berdasarkan kriteria pengujian (0,004< 0.05) maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh media interaktif pesiran berbasis android terhadap hasil belajar siswa. 2) Hasil analisis angket respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media interaktif pesiran memperoleh rata-rata 96% dengan kriteria sangat layak.
Kata kunci: media pesiran, ips, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman siswa terhadap pemanfaatan media pembelajaran berbasis livewire pada mata pelajaran teknik listrik kelas X jurusan audio video di SMK Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1).
Ahmadiyanto. (2016). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran ko-ruf-si (kotak huruf edukasi) berbasis word square pada materi kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di indonesia kelas viiic smp negeri 1 lampihong tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan : volume 6
Aminuddin, D., & Mulyadi, M. (2020). Efektivitas Layanan Informasi Karir Dalam Meningkatkan Kemampuan Perencaanaan Karir Siswa. Jurnal Consilium: Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 52-62.
Aprida, P dan Muhammad, D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Vol 03 No.2
Arifin, Zainal. 2017. Pengaruh Persepsi Dan Perilaku Konsumen Terhadap Minat Pegawai Kantor Urusan Agama Menjadi Nasabah Perbankan Syariah di Sragen. Surakarta: Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Daryanto, 2016, Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Tujuan Pembelajaran, Yogyakarta, Penerbit Gaya Media.
Danarjati, dkk. 2014. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tetang Standart. Jakarta: Depdiknas.
Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuisioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020.
Dimyati, Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fatmala, D., & Yelianti, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis android pada materi plantae untuk siswa SMA menggunakan Eclipse Galileo. Biodik, 2(1), 1-6.
Gita Lestari, D., Irawati,A., Banguntapan, K., & Istimewa, D. (2020). Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Peserta didik Pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. BIOMA, 2(2), 51–59. https://scholar.google.co.id,
Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34-49.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52.
Ma, A., Widiartin, T., & Prasetya, N. I. (2017). Sistem Pembelajaran Berbasis Web (E- Learning) Ma Darussalam Jombang. Melek IT Information Technology Journal, 3(2), 49-58.
Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Muklis, M. (2018). Pembelajaran Tematik. Fenomena, 68.
Munir. 2015. MULTIMEDIA Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nashar, Drs. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelaajran. Jakarta: Delia Press.
Nurpratiwi, R. T., Sriwanto, S., & Sarjanti, E. (2015). Peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui metode picture and picture dengan media audio visual pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bantarkawung. Geo Edukasi, 4(2).
Padmini, K. H., & Atika, B. P. (2016). Teknologi Pendidikan Sebagai Pembelajaran Kompetitif Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa: Studi Kasus Di Salah Satu SMA Di Salatiga. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Parata, T. P., & Zawawi, M. (2018). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA-Biologi Terhadap Motivasi dan Kemampuan Kognitif Siswa SMP Negeri 14 Kota Palembang. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 3(2), 52- 78.
Pramitasari, A., & Aulia, H. R. (2022). Pelatihan Teknik Bercerita bagi Relawan dan Guru Paud Kelurahan Wonopringgo sebagai Upaya Membangun Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1151-1158.
Prestasi, M., & Akuntansi, P. B. (2014). Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Universitas (Stuttg), 137, 142.
Pribadi, B. A. (2012). MODEL ARCS Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar. Tanggerang Selatan : Majalah Tempo-Universitas Indonesia.
Purnamasari, A. & Rochmawati. 2015. Pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan wondershare quiz creator materi sistem penilaian persediaan. Jurnal Pendidikan, 3(1):1–10.
Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov danSaphiro- Wilk: Studi kasus penghasilan orang tua mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unismuh Makassar. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7-11.
Revita, R., Kurniati, A., & Andriani, L. (2018). Analisis instrumen tes akhirkemampuan komunikasi matematika untuk siswa smp pada materi fungsi dan relasI. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 8-19.
Riduwan. 2014. Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penelitian.Bandung: Alfabeta.
Riyana, Cheppy. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI. Riyani,
R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60-65.
Rusman.(2013). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.
Siyoto, S., dan M. Ali S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2019) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).
Siregar, S. (2015). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutha, Diah. (2019). Biostatistika. Malang: Media Nusa Creative Syah, Muhibbin. 2009, Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Fahmi. 2018. Membangun Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Bildung (CV. Bildung Nusantara).
Yolanda, S., Mahluddin, M., & Fatmawati, K. (2020). Problematika guru dalam pelaksanaan kelas daring (online) selama masa pandemi Covid-19 pada pembelajaran tematik siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 22/IV Kota Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1)
Refbacks
- There are currently no refbacks.