Faktor Penyebab Tidak Berminatnya Berwirausaha pada Mahasiswa Prodi Pedidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro

Nabilla Aliya Nur Rahmawati, Rika Pristian Fitri A, Anis Umi K

Abstract


Penelitian ini dibuat karena seiring dengan bertambah pesatnya jumlah penduduk di Indonesia, banyak masalah yang timbul salah satunya yaitu pengangguran. Salah satu cara untuk menekan jumlah pengangguran yaitu dengan berwirausaha. Wirausaha merupakan usaha membuka lapangan kerja sendiri, juga bermanfaat membuka kesempatan kerja untuk orang lain sehingga angka pengangguran akan berkurang. Minat atau tidaknya berwirausaha seseorang dapat di pengaruhi oleh banyak faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan tidak berminatnya berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena data yang disajikan dalam bentuk kata-kata dan mendiskripsikan hasil temuan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro angkatan 2019 yang memilih tidak berminat berwirausaha yang berjumlah 19 mahasiswa. Teknik pemgumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Faktor internal dari diri sendiri menjadi faktor yang sangat memepengaruhi tidak berminatnya mahasiswa untuk berwirausaha, karena para subjek sadar akan kemampuan diri sendiri. 2) Faktor Eksternal baik itu dari keluarga, lingkungan masyarakat dan faktor keuntungan dan kerugian juga mempengaruhi tidak berminat dalam berwirausaha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab tidak berminatnya berwirausaha pada mahasiswa prodi pendidikan ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro, terdapat dua faktor yaitu Faktor Internal dan Faktor Eksternal.

Kata kunciwirausaha, pengganguran, mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Ardianto, Niko. (2014). Faktor-faktor yang Mempemgaruhi Minat Mahasiwa Akuntansi Dalam Memilih Karier Akuntan atau Non Akuntan. Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP

Djaali, N. A., Wijayanti, W., Widodo, Y. B., & Simaibang, F. H. (2020). Pembentukan Duta Cilik Anti Pelecehan Seksual Melalui Pendidikan Reproduksi Dini Di SDN Bambu Apus 01 Jakarta Timur. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 1(2), 76–86. https://doi.org/10.37012/jpkmht.v1i2.134

Djamarah, Syaiful Bahri. (2015). Psikologi Belajar, Jakarta : Rineka Cipta.

firda putri efendi. (2012). EFEKTIVITAS PEMBERIAN BEASISWA TERHADAP KINERJA BELAJAR PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. 1–9.

Fitri, R. P. (2017). Implementasi Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa Berwirausaha Prodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 2(2), 26–36.

Fitriah, N. (2013). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Fitriya, H., & Yani, E. A. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Ekonomi Islam (Studi Kasus : Stei Sebi). Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(1), 99–130. https://doi.org/10.46899/jeps.v2i1.144

Hartono, H., & Hartomo, D. D. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Umkm Di Surakarta. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(1), 15. https://doi.org/10.20961/jbm.v14i1.2678

Istiningsih, S., & Hasbullah, H. (2015). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen, 1(1), 49. https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.79

Lase, B. P. (2022). Pengaruh Profil Guru Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 242–246. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.3283

Muhria, L. (2020). analisis minat belajar mahasiswa pada mata kuliah bahasa inggris: Studi Deskriptif Kualitatif di Akademi Keperawatan YPIB Majalengka. Metabahasa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 58-66.

Mulyani, F. (2017). Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan UNIGA, 3(1), 1-8.

PAZARANI, R. (2019). prosedur pembayaran gaji/upah karyawan pada pt. finansia multi finance (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Rachmawati, D., & Wahyuni, W. (2020). Pengaruh Jiwa Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Mata Kuliah Kewirausahaan, Dan Pengetahuan

Akuntansi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Jurnal Riset Akuntansi, 1(November 2016), 1–10.

Ridwan, R. (2018). Pengaruh Waktu, Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan I Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT-UNM Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Sa'adah, N. (2017). Perbedaan Minat Sholat Berjamaah Antara Siswa Dengan Siswi di MTs Persiapan Kemlagi Mojokerto Semester Genap Tahun 2016/2017 (Doctoral dissertation, STIT Raden Wijaya Mojokerto).

Setiaji, Khasan. (2015). Pilihan karir mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (Kajian Motivasi Karier Mengajar, Career Self Efficacy, Status Sosial Ekonomi, Minat Menjadi Guru Terhadap Prestasi Akademik). Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pndidikan, Volume 10 NO. 2. Hal 196- 211

Sya’rani, M. (2018). Faktor Penyebab Tidak Berminatnya Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Iain Palangka Raya Angkatan 2013 Menjadi Guru. IAIN Palangkaraya, 1(69), 5–24.

Tampubolon, M. (2016). Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.

SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.