Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Keterampilan Berkomunikasi Siswa Kelas III di UPTD SDN Markoneng I
Abstract
— Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui pengaruh adanya model pembelajaran Think Talk Write terhadap keterampilan berkomunikasi siswa kelas III. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen Desain tipe Prestes Posstest Nonequivalent Control Group Desain. Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas III di UPTD SD Negeri Morkoneng 1 Tahun Ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling jenis sampel jenuh. Sampel penelitian ini sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi keterampilan berkomunikasi siwa, lembar rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar observasi keterlaksaan model pembelajaran . Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) keterlaksaan model pembelajaran dengan hasil observasi 85,5% dengan kategori sangat baik, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Siswa melalui hasil uji Independent t Test (0,00 < 0,05).
Kata kunci: model Pembelajaran think talk write, keterampilan berkomunikasi
Full Text:
PDFReferences
Arafat, L.M, Dkk. (2022). Model-Model Pembelajaran PPKn di SD/MI. Yogyakarta.
Samudra Biru.
Arviani, I. dan Fajriyah, K. (2018). Keefektifan Model Show and Tell untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Siswa Kelas V SD Negeri Babalan. Jurnal Pendidikan Guru MI. 5. (1-10).
Faizah, N. S. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 1 (2).
Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., Darmawati. (2018).
Metodelogi Penelitian. Gunadarma Ilmu.
Khusna, A. Dkk. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media CD Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipa Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 10 (2). 137-138.
Maridi, Suciati, Permata. B. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Lisan dan Tulisan melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X SMA. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Bologi. 12 (2).
Mukhid, A. (2021). Metodelogi Penelitian endekatan Kuantitatif. Vol. 7. CV. Jakad Media Phublishing.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penenlitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
Oktaviani, F., Hidayat, T. (2015). Profil Keterampilan Berkomunikasi Siswa SMA Menggunakan Metode Fenetik Dalam Pembelajaran Klasifikasi Arthropoda. Jurnal pengajaran Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam. 15(1)
Setiani, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas III SD Negeri Pamedaran 01. Jurnal Seminar Nasional PGSD.
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. AR-RUZZ MEDIA.
Suciawati, H. (2021). Kemampuan Komunikasi Membaca Puisi Kelas IV SD Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW). Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial. 5, (1), 69.
Sugiyono. (2016). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (23rded.). CV. Alfabeta.
Suyati, E. S., Rozikin, A. Z. (2021). Belajar dan Pembelajaran. CV. Widina Bhakti Persada: Bandung.
Priadana, S., Sunarsi, D. (2021). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 7(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.