The Implementation of English Contests to Optimize Speaking Skills at The Eight Students of SMP Kartayuda Kedungtuban in The Academic Year 2022/2023

Khoirun Azizah, Meiga Ratih Tirtanawati, Chyntia Heru Woro Prastiwi

Abstract


Keterampilan berbicara bahasa Inggris menjadikan siswa memiliki kemampuan dalam menyampaikan informasi secara lisan sedemikian rupa sehingga dapat dipahami oleh pendengarnya. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan English Contest di kelas VIII SMP Kartayuda Kedungtuban tahun ajaran 2022/2023. Subyek penelitian ini berjumlah 29 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen: wawancara, angket, observasi, pre-test, dan post-test. Hasil penelitian dengan menggunakan English Contest ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa. Siswa memperoleh nilai baik secara bertahap pada akhir siklus. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 70 (tujuh puluh). Nilai rata-rata siswa pada pre-test adalah 64,82. Nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 76,65. Nilai rata-rata siswa pada siklus kedua adalah 80. Selain itu, terdapat tanggapan positif dari siswa dan guru bahasa Inggris mengenai penggunaan Kontes Bahasa Inggris dalam pengajaran berbicara. Kesimpulannya, English Contest dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Kata Kunci: penelitian tindakan kelas, lomba bahasa inggris, keterampilan berbicara


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti. 2018. The Effect of Teaching Techniques and Anxiety on The Speaking Skill.

Anuradha, RV, Raman, G, &Hemamalini, HC. 2014. Methods of Teaching English. Hyderabad: Neelkamal Publications.

Brown, H. D. Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education, Inc, 2004.

Garg, S., & Gautam, A. (2015). Learning English can change your life for the better. International Journal of English Language, Literature and Humanities, III(II). https://doi.org/10.1016/j.esp.2020.02.001

Kazemi, S.A., Bahrami, & Zarei, L. (2014). The Effects of Self-confidence on Speaking Ability in EFL. Global Journal of Multidisciplinary and Applied Sciences, 2(3), 80-82.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jl. Pelepah Hijau IV TN.1. No. 14-15.

McDonough, J., & Shaw, C. (2012). Materials and Methods in ELT. John Wiley & Sons.

Mustikawati, Arum. 2013. The Effectiveness of Using Video in Teaching Speaking for The Eighth Grade Students of SMP N 1 Manissrenggo. Unpublished thesis. English Education Department Faculty of Languages and Arts Yogyakarta State University.

Pollard, L. (2008). Efective Reading/Speaking Ac—tivities for Multi—Level Classes U. TESOL New York City.

Pollard, L. 2008. Guide to Teaching English: A Book to Help You through Your First Thornbury, S. How to teach speaking. New York: Pearson Education Inc, 2005.

Two Years in Teaching. UK: Longman. Unpublished thesis. English Applied Linguistic Study Program Postgraduate School State University of Medan.

Zhang, X., Ardasheva, Y., & Austin, B. W. (2020). Selfefficacy and english public speaking performance: A mixed method approach. English for Specific Purposes, 59, 1–16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.