Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA PGRI Ngambon

Leka Hena Bahrul Tamam, Rika Pristian Fitri A, Anis Umi K

Abstract


Hasil belajar adalah hasil belajar yang dica atau di tunjukkan oleh siswa sebagai hasil belajar baik angka atau huruf serta tindakannya yang mencerminkan hasil belajar yang dicapai masing-masing dalam periode tertentu. Dampak situs jejaring sosial mungkin lebih banyak dirasakan oleh kalangan remaja, karena sebagian besar pengguna jejaring sosial adalah dari kalangan remaja pada usia sekolah. Karena sangat mudah menjadi anggota dari situs jejaring sosial, maka tidak heran jika banyak orang baik sengaja atupun hanya coba-coba mendaftarkan dirinya menjadi pengguna situs jejaring sosial tersebut. yang menjadi tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap hasil belajar siswa di SMA PGRI Ngambon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan analis data statistik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA PGRI Ngambon. populasi penelitian ini lebih dari 100, sehingga peneliti ini tidak mengambil subjek dari seluruh populasi, maka penelitian ini mengambil sampel 10% dari jumlah populasi yaitu 30 siswa. Untuk menganalisi data tentang hubungan media sosial (variabel X) terhadap hasil belajar siswa (variabel Y) terdapat hubungan yang signifikan, maka peneliti menggunakan rumus korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian lapangan dan hasil analisa data yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan yaitu media sosial secara signifikan terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA PGRI Ngambon dengan didapatkan hasil t = -7.935 nilai negatif pada nilai t menunjukkan arah pengaruh berlawanan antara penggunaan media sosial dengan hasil belajar siswa. Kontribusi sumbangan penggunaan media sosial terhadap hasil belajar sebesar 40%, dan sisanya 60% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Kata Kunci: media sosial, hasil belajar, jejaring sosial


Full Text:

PDF

References


Rika Pristian F.A. Efektivitas Pembelajaran Problem Solving Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa

Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Kementerian Perdagangan RI. 2014. Panduan Optimalisasi Media Sosial untuk kemen-trian perdagangan RI. Jakarta. Kementrian Perdagangan RI.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan. Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nasution. (2013). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Priyanto, Duwi. 2014. SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis, Yogyakarta: Andi Offset

Radi Alpis Juliansyah, 2019. Pengaruh Media Domino Matematika (Domat) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN 99 Lingkar Barat Kota Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4145/1/radi%20alpis%20 julian-syah. pdf

Riduwan, & Sunarto. 2020. Pengantar Statistika untuk Penelitian: Pendidikan. Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Siti Nurhasanah dan A. Sobandi. 2016. Minat belajar sebagai. Determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan. Manajemen Perkantoran Volume 1 Nomor 1.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta

Suharmi, 2022. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/mude/article/view/2678

Sukardi, 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tenia, Hilda. 2017. Pengertian media sosial. Diakses pada 8 Januari 2023, dari https://www.kata.co.id/Pengertian/Media-Sosial/879


Refbacks

  • There are currently no refbacks.