An Analysis of Figurative Language in Hotel Books’ Spoken Word Poetry
Abstract
Penggunaan bahasa kiasan meningkatkan keindahan dan kesenian puisi serta menjadikannya lebih menarik dan unik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai macam bahasa kiasan yang terdapat dalam puisi kata lisan Hotel Books dan makna kontekstual dari masing-masing kategori bahasa kiasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bahasa kiasan dengan memahami makna umum dalam puisi. Data dapat diinterpretasikan, dan bahasa kiasan dapat diungkap dengan menggunakan analisis deskriptif. Setelah memilih rekaman audio puisi lisan, peneliti menentukan makna simbolis di seluruh konteks yang sesuai untuk menganalisis makna umum bahasa kiasan. Penulis memulai dengan mengumpulkan puisi kata-kata yang diucapkan Hotel Books, kemudian mendengarkan dan memahami dua rekaman audio, dan akhirnya mengumpulkan bahasa kiasan yang terdapat dalam puisi kata-kata yang diucapkan Hotel Books. Saat mengevaluasi data, peneliti menganalisis setiap bahasa kiasan dalam puisi lisan. Peneliti menentukan temuan pada tahap akhir sesuai dengan hasil penelitian. Konteks makna dua puisi lisan dari Hotel Books diidentifikasi dan dianalisis berdasarkan temuan dan pembahasan. Kesimpulannya, hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi banyak orang, khususnya mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris IKIP PGRI Bojonegoro yang tertarik untuk melakukan penelitian serupa.
Kata kunci: bahasa kiasan, buku hotel, puisi lisan
Full Text:
PDFReferences
Agarwal, A. (2020, Juni 11). Spoken Word vs Written Poetry: Which One is For You? Retrieved 12 17, 2022, from Medium: https://medium.com/@ananyaatbs/spoken-word-vs-written-poetry-which-one-is-for-you-297a1d86ece1
Ary, D. (2013). In Introduction to Research in Education (pp. 47-48). New York: Cengage Learning.
Bennett, R. (2016). An Introduction to Literature, Criticism, and Theory. London: Pearson Longman.
Djojosuroto, K. (2014). Correlation between Knowledge of Literary Theory, Atitude Towards Literature and Reception Ability of Contemporary Poetry. International Journal On Studies In English Language And Literature, 2(22), 23-34.
Edraswara, S. (2004). In Metode Penelitian Sastra, Epistimologi, Model, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Haupt, J. (2014, January 6). Jane Hirshfield: Why Write Poetry? Retrieved 12 13, 2022, from Psychology Today: https://www.psychologytoday.com/us/blog/one-true-thing/201401/jane-hirshfield-why-write-poetry
Henry, E. R. (1995). In Literature (p. 547). The United States of America: Prentice Hall.
Kennedy, X. J., & Gioia, D. (2005). An Introduction of Poetry. New York: Pearson Longman.
KüKutha, n. (2009). In Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Moleong, L. (2002). In Metodologi Penelitian Kualitatif (p. 6). Bandung: PT Remaja Pusdakarya.
Perrine, L. (1977). In An Introduction to the Poetry (p. 9). New York: Harcourt: Brace Javavovich.
Pradipta, A. (2009). Hyperbole as Expression of Depression in Evanescene's Song Lyric. Semarang State University, English Department Languages and Arts Faculty. Semarang: Semarang State University.
Sari, Y. M. (2020). Spoken Word Poetry as A Medium for Social Activism. Litera Kultura, VIII, 13-22.
Sayakhan, N. I. (2016). The Use of Personification and Apostrophe as Facilitators in Teaching Poetry. International Journal of Literature and Arts. doi:10.11648/j.ijla.20160401.12
Smith, W. (2021, Juni 20). The Psychology of Grief: The 4 Stages Explained. Retrieved 12 25, 2022, from positivepsychology.com: https://positivepsychology.com/grief-stages/
Waliaula. (2018). Spoken Word Poetry: A Comparative Study Between The Selected Poems of The American Poet Andrea Gibson and The Kenyan Poet Ken 'Mufasa' Kibet Selected Poem. Nicosia, Republic of Cyprus: Near East University.
Yakich, M. (2022). In Poetry A Survivor's Guide (2 ed.). New York, USA: Bloomsbury Academic.
Refbacks
- There are currently no refbacks.