An Analysis of Grammatical Errors Made by Students in Writing Narrative Text

Izza Himmatul ‘Ulya, Oktha Ika Rahmawati, Puput Suriyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki jenis-jenis kesalahan siswa yang ditemukan dalam menulis teks naratif dan menganalisis kesalahan yang paling banyak ditemukan oleh siswa dalam penggunaan tata bahasa dalam menulis teks naratif pada siswa kelas X SMK PGRI 2 Bojonegoro. Desain penelitian deskriptif kualitatif. instrumen berupa siswa menulis teks penelitian naratif yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMK PGRI 2 Bojonegoro. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat jenis kesalahan yang terjadi; yaitu kesalahan penghilangan, kesalahan penambahan, kesalahan pembentukan, dan kesalahan susun. Dari analisis data tersebut peneliti menemukan bahwa kesalahan yang paling dominan adalah kesalahan misformation dengan total 18 kesalahan. Kesalahan misformasi terkait dengan penggunaan morfem atau struktur yang salah. Hal itu terjadi karena kurangnya kemampuan pengetahuan siswa dalam keterampilan menulis grammar.

Kata kunci:  analisis kesalahan, kesalahan tata bahasa, teks narasi

Full Text:

PDF

References


Agustina, E., & Muklas, M. (2018). An Analysis Student’s Ability in Writing Descriptive Text of Second Semester of English Educational Program at Stkip Nurul Huda Oku Timur. In Online) Terakreditasi Nasional. Sk: Vol. X. Cetak.

Asni, S. L., Susanti, S., & Sulistiyo, U. (2018). An Analysis Of Grammatical Errors In Writing Recount Text At The Eighth Grade Of Smp Negeri 20 Kota Jambi. International Journal Of Language Teaching And Education, 2(2), 131–144. Https://Doi.Org/10.22437/Ijolte.V2i2.5205

Chandler, J. (2003). The Efficacy Of Various Kinds Of Error Feedback For Improvement In The Accuracy And Fluency Of L2 Student Writing. Journal Of Second Language Writing, 12(3), 267–296. Https://Doi.Org/10.1016/S1060-3743(03)00038-9

Nazir, I., Syamaun, A., & Erdiana, N. (2018). E-Issn 2528-746x An Analysis Of Grammatical Errors Made By Students In Writing Descriptive Text. In Research In English And Education (Read) (Vol. 3, Issue 4).

Ratnajuwitasari, B., Raja, P., Kadaryanto, B., & Ratna Juwitasari, O. (N.D.). An Analysis Of Grammatical Errors In Using Simple Present Tense In Descriptive Text Writing By Students Of Man 1 (Model) Bandar Lampung Analisis Kesalahan-Kesalahan Yang Bersifat Tatabahasa Dalam Menggunakan Simpel Present Tense Dalam Menulis Teks Deskriptif Oleh Siswa Man 1 (Model) Bandar Lampung.

Siahaan, J. (N.D.). Juanita Siahaan An Analysis Of Students’ Ability And Difficulties In Writing Descriptive Texts An Analysis Of Students’ Ability And Difficulties In Writing Descriptive Texts.

Syakur, A., & Rakhmawati, Y. (N.D.). An Error Analysis Of Using Simple Present Tense In Descriptive Writing Text Among The Eight Grade Students Of Smp It Baitul Ulum Tempel Gempol.

Sychandone, N. (2016). Comparative Error Analysis In English Writing By First, Second, And Third Year Students Of English Department Of Faculty Of Education At Champasack University Journal Submitted To Postgraduate Program Of Language Study Of Muhammadiyah University Of Surakarta As A Partial Fulfillment Of The Requirements For Getting Master Degree Of Language Study Of English.

Mislaini,(2015), Improving Students’ Reading Comprehension Of Narrative Text By Using Fable, Indonesia: Journal Of English Education, Accesses On 3 February 2018

Mark Anderson & Kathy Anderson, Text Types In English Edition 3, (Australia: Macmillan Education Australia, 1998), P. 66-67


Refbacks

  • There are currently no refbacks.