Strategi Pembelajaran Guru PPKN dalam Menanamkan Nilai Budaya Di SMK Negeri 1 Bojonegoro

Dhea Fath Fathan Senega, Neneng Rika J. K., Ali Noeruddin

Abstract


Budaya berkaitan erat dengan kedisiplinan sekolah dan pembentukan karakter atau akhlak peserta didik. Masih terdapat banyak pelanggaran kedisiplinan yang dilakukan peserta didik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PPKn dalam menanamkan nilai budaya sebagai upaya menciptakan generasi bermoral dikelas XI SMK N 1 Bojonegoro. Metode dalam penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Strategi pembelajaran guru PPKn dalam menanamkan nilai budaya sebagai upaya untuk menciptakan generasi bermoral dikelas XI SMK N 1 Bojonegoro adalah dengan menanamkan nilai kebiasaan, memberi nasihat disela-sela pembelajaran serta menjadi contoh yang baik bagi siswa-siswi SMK N 1 Bojonegoro, ikut serta dalam mengawasi dan mengawal pelaksanaan tata tertib sekolah, sekaligus berperan dalam memberikan pemahaman 2) Kendala yang dihadapi guru PPKn dalam menanamkan nilai budaya sebagai upaya menciptakan generasi bermoral di SMK N 1 Bojonegoro, yaitu a) Kurangnya kesadaran dari dalam diri siswa sendiri tentang pentingnya nilai moralitas dalam kehidupan sehari, b) Kurangnya dukungan dari sebagian orang tua peserta didik terhadap pembinaan kedisiplinan peserta didik yang dijalankan oleh sekolah, c) kurangnya motivasi dari dalam diri siswa.

Kata kunci: strategi pembelajaran, guru PPKN, nilai budaya


Full Text:

PDF

References


Bachri, B.S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Pendekatan Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), pp. 46-62.

Bomans Wadu, L., & Jaisa, Y. (2015). Pembinaan Moral Untuk Memantapkan Watak Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi (Vol. 2, Issue 2). http://Ejournal.Unikama.Ac.Id/Index.Php/Jmk

Chaplin, M. (2006). Do we underestimate the importance of water in cell biology. Nature Reviews: (1-6). doi:10.1038/nrm2021.

Darmansyah, D. (2010). Pembelajaran Berbasis Web: Teori, Konsep, Aplikasi. Repositori Universitas Negeri Padang: vol 2 (1-8). http://repository.unp.ac.id/22152/1/DARMANSYAH.pdf.

Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol: 2, No. 1. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseling/article/view/375.

Hasana, A. (2022). Strategi Pembelajaran Guru PPKn dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural Sebagai Upaya Menciptakan Generasi Muda yang Toleran di MAN 2 magetan. Repositori Universitas Sebelas Maret. Vol 8 (10-22). https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/90467/

Kurniawan, M., & Lutfiana, R. (2021). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Anti korupsi. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika: Vol 8, No. 1 (32-39). https://eprints.umm.ac.id/89325/20/Kurniawan%20Lutfiana%20-%20strategi%20penanaman%20nilai-nilai%20antikorupsi.pdf

Miles, M.B dan Huberman, A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru (Penerjemah: T.R Rohidi). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Moleong, L, J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosada.

Nantara, D. (2022). Pembentukan Karaktaer Siswa melalui Kegiatan di Sekolah dan Peran Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai: Vo; 6, No. 1 (2251-2260). https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/3267/2742/6260

Samani, M & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Solihatin, E. (2013). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Strategi Pembelajaran Cooperative learning Tipe Team game Tournament (TGT). Jurnal ilmiah Mimbar Demokrasi: vol 4 (1-5). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jmb/article/view/9101.

Sugiyono. (2007). Metode Pnelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Administrasi: Dilengkapi Metode R&D. Bandung: Alfabeta

Sumardjoko, B. (2013). Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila melalui Pembelajaran PKn Berbasis Kearifan Lokal untuk Penguatan Karakter dan Jati Diri bangsa. Varia Pendidikan: Vol. 25, No. 2 (110-123). https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/4291/1..pdf;sequence=1.

Syamsul, Y., Widodo, R., & Tinus, A. (2017). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Dalam Pembentukan Moral Peserta Didik. Jurnal Civic Hukum, 2(1), 36. Https://Doi.Org/10.22219/Jch.V2i1.9902.

Wijaya, R., Fahrza, F., & Kistian, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Mengembangkan Karakter Toleransi dan Demokratis Siswa pada Pelajaran PKn kelas V di SD Negeri Paya Peunaga. Bina Gogik: Vol 6, No. 2 (49-60). https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/download/371/322

Wiratomo, G., Wahono, M., & Kristiono, N. (2017). Model Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila oleh Guru PPKn Jenjang SMP di Kota Semarang. Integralistik: No.2 (119-130). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik/article/download/13721/7518.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.