Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Manajemen Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban

Fitra Dwi Yuliana, Rika Pristian Fitri A, Anis Umi K

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi manajemen kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental. Penelitian ini termasuk jenis metode penelitian eksperimen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitan ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban Tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 4 kelas yaitu dengan jumlah siswa sebanyak  118 siswa. Dengan sampel dalam penelitian ini adalah 46 siswa. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh sedangkan teknik samplingnya menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Uji validitas instrumen menggunakan uji validitas tes, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji analisis regresi linear sederhana sedangkan uji hipotesis menggunakan uji parsial (t). Hasil penelitian menunjukkan  (1) media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi manajemen kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kedungtuban. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata post test siswa kelas eksperimen yaitu 86,73 sedangkan untuk rata-rata pre test kelas kontrol yaitu 35,26 perbedaan ini diperkuat berdasarkan uji t dengan nilai thitung = 5.647 dan ttabel = 2,014 sehingga tthitung > ttabel atau nilai signifikansi t sebesar 0,000 <0.05.

Kata kunci : media, audio visual, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Farida, N. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa kelas IV di SD Dharma Karya UT. Jakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri.

Saputra, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio VIisual Terhadap Hasil Belajar EkonomiI Materi Pokok Uang Di Kelas X IPS SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Jurnal Misi, 2(1), 78-85.

Setiawan, B., Sakdiyah, S. H., & Rahayunita, C. I. (2020, November). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Usaha dan Kegiatan Ekonomi Kelas V SDN Karanganom 02 Lumajang. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 4, No. 1, pp. 115-122)

Siti, A. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X Ma Attaqwa.

Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2018). Pengaruh penggunaan media bervariasi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 103-107.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.