Pengaruh Model CTL (Contextual Teaching And Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 7 Subtema 1 Kelas V SDN Bugih 3 Pamekasan

Bahiratul Ghina, Priyono Tri Febrianto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) untuk mengukur hasil belajar siswa Tema 7 Subtema 1 Kelas V SDN Bugih 3 Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Quasi Eksperimen Desaign berbentuk Nonequivalent Control Group Desaign. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V yang dibagi menjadi 2 kelas di SDN Bugih 3 Pamekasan. Pengambilan sampel menggunakan Teknik nonprobability sampling jenis sampling jenuh. Sampel penelitian sebanyak 50 siswa. Data dikumpulkan dalam bentuk observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pengaruhnya terbukti dari hasil uji-t dua sampel berpasangan (Independent Sampel T-test). Hasil perhitungan uji-t dua sampel berpasangan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,030. Berdasarkan kriteria pengujian jika nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 (0.030 < 0.05) maka H0 ditolak Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 1. 2) Hasil observasi guru dengan menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) terlaksana dengan sangat baik karena adanya peningkatan di setiap pertemuan. Dari ketiga pertemuan pada kelas ekperimen ditemukan rata-rata nilai persentase 81,8% dengan kriteria baik sekali. Pada kelas kontrol dari ketiga pertemuan ditemukan rata-rata nilai persentase 72,7% dengan kriteria baik. Pengaruh hasil belajar siswa dapat dilihat pada observasi aktivitas guru yang mana pada kelas ekperimen mengalami sebuah peningkatan pada pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada model CTL (Contextual Teaching And Learning) terhadap hasil belajar siswa.Kata kunci : model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning), hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Ahrisya, L., Praherdhiono, H., & Adi, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 306–314. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p306

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Skatistik Pendidikan.

Anggraini, F. D. P., Aprianti, A., Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3206

Anwar, S. (2018). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dalam Pembelajaran Inklusi. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 1(1), 57–74. https://doi.org/10.32923/kjmp.v1i1.898

Arif, M. & T. M. (2013). Belajar & Pembelajaran Pengembangan Wacana Dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta : AR-RUZZ MEDIA.

Arsyil, W. (2023). Optimasi Prestasi Belajar Matematika Dan Ketrampilan Berfikir Kritis Siswa. PT. Literasi Nusantara Abadi Grub.

Cornelia, T. S., & Tindaon, J. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Dan Nilai Kebhinnekaan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Ips Di Sd Negeri 067774 Kecamatan Medan Johor. Jurnal Curere, 3(2), 33–39. https://doi.org/10.36764/jc.v3i2.246

Deni, D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Fadli, R. (2021). Manajeman Sumber Daya Manusia Di Dalam Perusahaan. Pascal Books PT.Mediatama Digital Cendekia.

Ghazali, I. (2006). Uji Validitas dan Reliabilitas SPSS 15. Book, 1(1), 1. Hariyanto, B. I. &. (2014). Assesment Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Hasnah, Fajar, & Restu. (2022). Penerapan Model CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV UPT SDN 81 Pinrang. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 161.

Kadir. (2015). Statistika Terapan Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. PT RajaGrafindo Persada.

Kasmawati, K., Latuconsina, N. K., & Abrar, A. I. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(2), 70–75. http://journal.uin- alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/3482/3911

Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe assure dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(6), 1139–1148. file:///D:/BACKUP DATA C/Downloads/214-Article Text-587-1-10-20201024.pdf

Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 198–214.

Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur Dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor Pt. Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(1), 38–47.

Rosmala Dewi, M. P. (2021). Pengaruh Kemampuan Kerja, Motivasi Dan Pengembangan Karier Terhadap Kiberja Karyawan PT. Bina Buana Semesta Rosmala. Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, 16(1), 19–25.

Sadia, I. W. (2014). Model-Model Pembelajaran Sains Kontruktivisme. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Safnowandi. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL ) terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Literasi Sains Siswa. 5(6), 46–55.

Saronom, S., & Simangunsong, N. S. D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Koloid. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 95–101.

Setiawan, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Tema 2 Kelas V SD N 1 Nusa Bakti Kecamatan Belitang III Kabupaten Oku Timur. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2), 108–119. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.575

Sinaga Fitria, Napitupulu Rio Parsaoran, S. Y. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajar Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan Lingkungan Rumahku Kelas IV SDN 122345 Pematang Siantar. 4, 1707–1715.

Sueni, N. M. (2019). Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran. Wacana Saraswati, 19(2), 1–16.

Sugiyono. (2014a). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, CV. Sugiyono. (2014b). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta, cv.

Susanti, D. A. (2018). Penggunaan Model Picture and Picture Berbasis Multimedia Dengan Menginternalisasi Pendidikan Karakter Pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 23(2), 86. https://doi.org/10.24114/jpp.v23i2.10005

Syofian, S. (2020). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. PT Bumi Aksara. Tasanif, N. H., & Sudiman, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam

Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Halmahera Selatan. Jurnal Ilmiah Matematika, 2(1), 23–33.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.