Pengaruh Metode Teams Games Tornament terhadap Higher Order Thingking Skill Siswa

Nur Latifah Libriana, Taufiq Hidayat, Ahmad Kholiqul Amin

Abstract


Rendahnya Higher Order Thingking Skill siswa dengan kegiatan belajar dengan menggunakan metode konvensional menjadikan guru mencari inovasi-inovasi terkait metode pembelajaran yang baru dan kreatif. Melalui metode pembelajaran Teams Games Tournament diharapkan mampu meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode Teams Games Tournament terhadap Higher Order Thinking Skills siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi exsperimen (eksperimen semu) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan uji independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai thitung = 7,543 dan nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Untuk mengetahui nilai distribusi ttabel dilihat berdasarkan df = 59 dengan taraf signifikan  = 0,05 adalah 2,001. Karena nilai thitung > ttabel(7,543 > 2,001) dan Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya Higher Order Thinking Skill siswa yang diajarkan dengan metode Teams Games Tournament berpengaruh positif dibandingkan dengan Higher Order Thinking Skill siswa yang diajarkan dengan metode konvensional.

Kata Kunci : Pengaruh,. Teams Games Tournament, Higher Order Thingking Skill.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., Prasetya, J.T. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Defanty D. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) Kelas IV SD Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar. Purwakarta: FP UPI.

Dharmadi, H. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia.

Fiarika D. U. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal profit, 5(1), 44.

Huda, A. Almasri. & Azhar, N. (2020). Media Animasi Digital Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill). Padang: UNP press.

Ivana. (2020). Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Mandarin. Bahasa Indonesia Prima, 2(2).

Majid, A. (2014). Strategi pembelajaran. Bandung; PT Remaja Rodakarya.

Radhiyah A., Muhammad S. (2021) Implementasi Penilaian Higher Order Thinking Skill (Hots) Di Sekolah Menengah Atas Negeri. Journal Of Sociology Education Review. 1(2) Hal 89-96.

Rakhmadhani, N., Yamtinah, S., & Utomo, S. B. (2013). Pengaruh penggunaan metode Teams games tournaments berbantuan media teka-teki silang dan ular tangga dengan motivasi belajar terhadap prestasi siswa pada materi koloid kelas XI SMA Negeri 1 Simo tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4), 190-197.

Setianingsih, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi. 2(2), 72-84.

Shidiq A.S. (2015). Analisis Higher Order Thinking Skills (Hots) Menggunakan Instrumen Two-Tier Multiple Choice Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Untuk Siswa Kelas Xi Sma N 1 Surakarta. Seminar Nasional Pendidikan Sains.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung. Alfabeta.

Sukmadin. (2018). Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Metode Team Game Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan.1(1). 52-65.

Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Widhiastuti, R., & Fachrurrozie, F. (2014). Teams Games Tournament (TGT) sebagai metode untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan belajar. Dinamika pendidikan, 9(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.