Pengaruh Minat menjadi Guru terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Prodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro
Abstract
Pengaruh minat menjadi guru terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi pendidikan ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Proram Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh minat menjadi guru terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi pendidikan ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun jumlah yang diambil sebanyak 49 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan penyebaran kuesioer dan dianalisa dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh antara minat menjadiguru terhadap keputusan mahasiswa memilih prodi pendidikan ekonomi dengan hasil pengujian pada peneliti ini diperoleh nilai thitung > ttabel (3.889 > 2.01174) dengan signifikansinya < 0,05. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian Minat Menjadi Guru berpengaruh positif terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Prodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro.
Kata kunci: minat; keputusan; prodi ekonomi
Full Text:
PDFReferences
Pangestuti, F. D., & Melina, A. (2020). Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Stkip Ypm Bangko. Ekopendia, 5(1), 80-89.
Amini, F. (2018). pengaruh pemilihan program studi pendidikan ekonomi terhadap minat menjadi guru bagi mahasiswa pendidikan ekonomi 2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2).
Aini, E. N. (2018). Pengaruh Efikasi Diri dan Persepsi terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi 2015 UNESA. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 2(2), 83-96.
Irnawati, I. (2019). Pengaruh Minat Menjadi Guru Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)
Gunawan, I., & Andayani, A. (2022). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Fkip Terhadap Minat Menjadi Guru. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, 5(1), 90-103.
Saleh, S. (2018). Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Ad'ministrare: Jurnal Pemikirian Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 5(1), 1-6.
Milla, H., & Febriola, D. (2022). Analisis Pengambilan Keputusan Memilih Masuk Program Studi Pendidikan Ekonomi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 149-158.
Yuniasari, T., & Djazari, M. (2017). Pengaruh minat menjadi guru, lingkungan keluarga, dan praktik pengalaman lapangan (PPL) terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2013 FE UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(2), 78-91.
Roisah, B., & Margunani, M. (2018). Pengaruh minat menjadi guru, penguasaan MKDK, dan PPL terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 59-74.
Sukma, A. N., Karlina, E., & Priyono, P. (2020). Pengaruh Persepsi Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta Pgri. Research and Development Journal of Education, 1(1), 110-116.
Refbacks
- There are currently no refbacks.