An Analysis of The Extrovert-Introvert Personality and Speech Performance of the Second Semester English Department Students at IKIP PGRI Bojonegoro in Academic Year 2023/2024

Muhamad Ibrohim, Meiga Ratih Tirtanawati, Chyntia Heru Woro Prastiwi

Abstract


Kepribadian secara signifikan memengaruhi pembelajaran dan interaksi bahasa. Bahasa Inggris diajarkan di semua tingkat pendidikan, dengan keterampilan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Salah satu kegiatan berbicara yang memberikan lebih banyak tantangan bagi mahasiswa jurusan Bahasa Inggris adalah pidato. Siswa menghadapi tantangan unik dalam komunikasi verbal berdasarkan tipe kepribadian mereka, seperti kecemasan, frustrasi, dan rendahnya partisipasi di kelas. Kepribadian didefinisikan menjadi dua jenis; yaitu ekstrovert dan introvert. Ekstrovert berfokus pada dunia luar mereka, sedangkan introvert berfokus secara internal. Kinerja pidato siswa dipengaruhi oleh lebih dari sekedar keterampilan berbicara mereka. Kepribadian mereka juga berpengaruh signifikan terhadap seberapa baik mereka berbicara. Dampak kepribadian siswa melampaui aspek dangkal dari pidato mereka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 33 mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di IKIP PGRI Bojonegoro. Studi tersebut menemukan bahwa 8 siswa ekstrovert, 25 siswa introvert, dan tidak ada siswa yang ambivert. Persentase mahasiswa yang mendemonstrasikan masing-masing dimensi kepribadian adalah 75% untuk dimensi introvert, 25% untuk dimensi ekstrovert, dan 0% untuk dimensi balanced. Skor kinerja berbicara ekstrovert tertinggi adalah 100, sedangkan yang terendah adalah 60 untuk introvert. Siswa ekstrovert lebih cenderung terlibat dalam partisipasi lisan, tetapi siswa introvert lebih bijaksana dan merangsang pemikiran. Baik ekstrovert maupun introvert memiliki gaya belajar yang unik, membuat mereka lebih baik dalam berbicara di depan umum. Untuk meningkatkan kinerja pidato, siswa harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang masalah tersebut dan didorong oleh keterlibatan atau persiapan yang teratur.

Keywords: analisis, keperibadian ekstrovert dan introvert, penampilan berpidato


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Britanica, T. E. (2022, November 5). Introvert and Extrovert. Britanica.Com.

Brown, J. D. (2008). Understanding research in second language learning. Cambridge University Press.

Cain, S. (2012). The Power of Introverts in a World That Can’t Stop Talking (1st Edition). Crown Publishing Group, a division of Random House Inc. https://s6f5dbf01b54bac51.jimcontent.com/download/version/1399408179/module/8865 028668/name/quiet-the-power-of-introverts-in-a-world-that-cants-stop-talking-susan- cain.pdf

Dornyei Zoltan. (2005). The Psychology of The Language Learner Individual Differences in Second Language Acquicition (J. S. and A. M. Susan M. Gass, Ed.; First Edition). Lawrence Erlbaum Associates, Inc., Publishers.

Flick, U. (2009). An introduction to qualitative research. Sage Publications.

Hoang, N., Tran, T., & Mai, N. (2015). Factors Affecting Students’ Speaking Performance at Le Thanh Hien High School. Asian Journal of Educational Research, 3(2). www.multidisciplinaryjournals.com

Jannah, M. (2020). Analysis of Students’ Personality in Their Speaking Ability at Second Grade of SMPN 2 ParePare [State Islamic Institution (IAIN) ParePare]. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/inspiring/article/view/2050

Khasinah, S. (2014). Factors Influencing Second Language Acquisition (Vol. 1, Issue 2). https://www.researchgate.net/publication/322708295_factors_influencing_second_langu age_acquisition/link/5a6aa4ed0f7e9b1c12d18e26/download

Miles, B. M., & Huberman, M. A. (1994). Qualitative Data Analysis (Second Edition). SAGE Publications, Inc.

Paradilla, N., Zuhri Dj, M., & Hasanah, U. (2020). The Students’ Extrovert and Introvert Personality Toward Speaking Performance. IJRETAL International Journal of Research on English Teaching and Applied Linguistics, 1(1). https://www.academia.edu/34596701/Theories_of_Personality_7e_English_pdf

Russell, M. K., & Airasian, P. W. (2012). Classroom Assessment Concepts and Applications (Seventh Edition). McGraw-Hill Higher education. https://www.daneshnamehicsa.ir/userfiles/files/1/7-%20Classroom%20Assessment_%20Concepts%20and%20Applications.pdf

Salsabila, S. (2018). Students’ Introvert-Extrovert Personality and Their Critical Thinking Skill in Speaking Ability. Makasar Muhammadiyah University.

Suyadi. (2013). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Diva Press.

Taiyeb, T. (2019). Analyzing The Extrovert-Introvert Personality and Speaking Performance of The Third Semester English Student Department at Unismuh Makassar [Muhammadiyah University of Makasar]. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/9394-Full_Text.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.