Pengaruh Prestasi Belajar Terhadap Efikasi Diri dan Kecerdasan Emosional Siswa SMA

Yuni Puji Rahayu, Taufiq Hidayat, Ahmad Kholiqul Amin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh efikasi diri dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Kalitidu. Penelitian ini merupakan penelitian kausa komparatif. Penelitian ini termasuk penelitian jenis  ex-post facto karena mengungkap fakta yang telah terjadi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalitidu Tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 8 kelas yaitu dengan jumlah siswa sebanyak 280 siswa. Dengan sampel dalam penelitian ini adalah 74 siswa. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji f dengan hasil Fhitung sebesar 55.507 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,12 atau bisa dilihat dari nilai signifikasi yaitu sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. bisa dilihat dari nilai signifikasi yaitu sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh efikasi diri dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa  X pada mata pelajaran ekonomi di sekolah SMA  Negeri 1 Kalitidu.

Kata kunci : Efikasi diri, kecerdasan emosional, prestasi belajar.


Full Text:

PDF

References


Djamarah, 2011. Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, Cet. III.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy the exercise of control. New York: W.H. Freeman and Company. ( Peran Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana).

Goleman, Daniel. 1999. Kecerdasan Emosional. Jakarta : Gramedia. ( dalam jurnal pengaruh kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran seni budaya smp.

Verianto, H. (2019), 1Pengaruh Kepercayaan, Efikasi Diri, dan Komitmen Organisasional Terhadap Berbagi Pengetahuan Karyawan di Kantor Cabang Utama PT Bank Panin Tbk Kota Pontianak, Jurnal Peningkatan Komitmen Organisasi melalui Penguatan Efikasi Diri dan Kualitas Kehidupan Kerja.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.