Perspektif Historis Pendidikan Karakter di Indonesia dan Aktualisasinya bagi Generasi Milenial di Lingkungan Keluarga

Taufik Amaludin, Khoirul Huda

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkap pendidikan karakter di Indonesia dari perspektif historis dan aktualisasinya bagi generasi milenilan di lingkungan keluarha. Metode yang digunakan adalah penelitian sejarah atau metode historiografi melalui tahap pengumpulan data (sumber), kritik dan verifikasi data (sumber), interpretasi dan analisis data serta penulisan laporan (historiografi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di Indonesia mengalami perubahan dari masa ke masa berdasarkan tantangan zaman hingga masa reformasi dengan munculnya genersi milenial. Pendidikan karakter di lingkungan keluarga bagi generasi milenial dapat dilakukan dengan berbagai metode yang lebih bervariasi mengingat berbagai tantangan yang dihadapi, yaitu metode pendisiplinan, pembiasaan atau habituasi, nasehat, dan metode keteladanan.

Kata kunci—Pendidikan Karakter, Keluarga, Generasi Milenial


Full Text:

PDF

References


Alian, A. (2012). Metodologi Sejarah Dan Implementasin Dalam Penelitian. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Sejarah (Criksetra, 2(2), 1–14.

Arethusa, B. N., Noer, A. H., & Pebriani, L. V. (2022). Hubungan Pendisiplinan Orang Tua dan Masalah Sosial Emosional Anak Usia Sekolah. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 9(1), 79–97. https://doi.org/10.35891/jip.v9i1.2868

Cahyono, H. (2016). Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai Dalam Membentuk Karakter Religius.

Fadli, M. R., & Kumalasari, D. (2019). Sistem Pendidikan Indonesia Pada Masa Orde Lama (Periode 1945-1966).

Hakim, L. (2018). Historiografi Modern Indonesia: Dari Sejarah Lama Menuju Sejarah Baru. Khazanah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam. https://doi.org/10.15548/khazanah.v0i0.75

Hartono, Y. (2017). Model Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter Bangsa di Indonesia dari Masa ke Masa.

Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 50–55.

Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460

Juwita, D. R. (2018). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Era Millennial. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2), 282–314.

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Mu’id, A., Shofa, A., Alfaqi, M. Z., Habibi, M. M., & Mawarti, R. A. (2020). Sejarah Panjang Pendidikan Karakter di Indonesia Pada Era Proklamasi Kemerdekaan Sampai Era Reformasi. In Jurnal Rontal Keilmuan PKn (Vol. 6, Issue 1).

Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363

Muslich, A. (2018). Nilai-Nilai Filosofis Masyarakat Jawa Dalam Konteks Pendidikan Karakter Di Era Milenial. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 2(2), 65–78. https://doi.org/10.24269/ajbe.v2i2.1119

Mustofa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 5(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.71

Nasihatun, S. (2019). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam dan Strategi Implementasinya. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 7(2), 321–336. https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i2.100

Nur, Dian, E., Yahya, M., & Jaya, H. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Psikologi Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan. Mekom, 6, 91–94.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.