Pelanggaran Prinsip Kerjasama dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTs Negeri 3 Kutai Kartanegara

St. Hasnah, M. Ilyas, Witdyatmike Witdyatmike

Abstract


Penggunaan bahasa sebagai bentuk komunikasi dalam percakapan kegiatan pembelajaran guru dan siswa banyak mengalami pelanggaran prinsip kerjasama dengan berbagai tujuan agar dapat digunakan untuk bahan ajar atau strategi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji bentuk pelanggaran prinsip kerjasama, tujuan pelanggaran prinsip kerjasama, dan faktor yang mempengaruhi pelanggaran prinsip kerjasama. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan kajian pragmatik. Lokasi penelitian ini di MTs Negeri 3 Kutai Kartanegara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak, rekam, dan catat.  Teknik analisis data melalui konten analisis dengan mencermati konteks tuturan. Hasil penelitian dapat diklasifikasikan berdasarkan bentuk pelanggaran prinsip kerjasama yang terdiri dari : (1) pelanggaran maksim kuantitas dengan tujuan pelanggaran yang terdiri dari (i) tindak asertif guru, (ii) tindak representatif guru, (iii) tindak representatif siswa, (2) pelanggaran prinsip kerjasama maksim kualitas dengan tujuan pelanggaran yang terdiri dari, (i) tindak ekspresif siswa, (3) pelanggaran prinsip kerjasama maksim relevansi dengan tujuan pelanggaran yang terdiri dari  (i) tindak direktif guru, (ii) tindak ekspresif siswa, serta yang (4) pelanggaran prinsip kerjasama maksim cara dengan tujuan pelanggaran yakni (i) tindak representatif guru dan (2) tindak ekspresif siswa

Kata kunci—Pelanggaran Prinsip Kerjasama, Pragmatik, Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Achsani, F. (2019). Pematuhan dan Pelanggaran Prinsip Kerja Sama Dalam Komunikasi Siswa-Siswi MAN 1 Surakarta. Tarling: Journal of Language Education, 2(2), 147–168. https://doi.org/10.24090/tarling.v2i2.2921

Amalia, R. N., & Maulida, N. (2018). Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Acara Talk Show Rosi di Kompas TV. 12(2), 137–146.

Aprilliani, F. N., Rohmadi, M., & Anindyarini, A. (2019). Pelanggaran Prinsip Kerja Sama Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smk Batik 1 Surakarta. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 61. https://doi.org/10.20961/basastra.v6i2.37674

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.

Arikunto S. (2010). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.

Chaer Abdul. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: PT Rineka Cipta. PT. Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, S. (2018). Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Djajasudarma, & Fatimah. (2016). Wacana dan Pragmatik. Rafika Aditama.

Djatmika. (2016). Mengenal Pragmatik Yuk. Pustaka Pelajar.

Egidia Aisyia Oktarini, W. O. (2019). Pelanggaran Prinsip Kerja Sama Dan Implikasinya Pada Mahasiswa Thailand Di Iain Surakarta. 3(2), 12–19.

Fauziah, M. T., Emzir, E., & Lustyantie, N. (2018). Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Tuturan Diskusi Kelas Bahasa Indonesia. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(2), 51. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v3i2.722

Gunarwan, A. (2007). Pragmatik: Teori dan Kajian Nusantara. Universitas Atma Jaya.

Leech, G. (2017). Prinsip-Prinsip Pragmatik. Universitas Indonesia.

Mahsun. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT Raja Grafindo Persada.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nailah, A. (2018). Penyimpangan Prinsip Kerjasama Siswa Dengan Guru Dikelas X Smk Muhammadiyah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. UNMUH, V, 1–23.

Rahardi, K. (2003). Berkenalan dengan Ilmu Bahasa Pragmatik. Dioma.

Rahardi, K. (2015). Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Erlangga.

Rahardi, K. (2006). Dimensi-dimensi Kebahasaan Aneka Masalah Bahasa Indonesia Terkini. Erlangga.

Retnaningsih, W. (2014). Kajian Pragmatik Dalam Studi Linguistik. CV. Hidayah.

Sari, S. W. (2021). PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA PADA KOMUNIKASI SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN AL-FATTAH DI GRUP WHATSAPP. 18, 43–53.

Sherly, Charlina, & Sinaga, M. (2022). Pelanggaran Prinsip Kerja Sama Dalam Percakapan Penjual Dan Pembeli Di Pasar Bunut Desa Pinang Sebatang Timur. Riksa Bahasa, XVI (1), 1–3.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif,kualitatif dan R&D) (cetakan ke). Alfabeta.

Sumadiria, A. H. (2006). Bahasa Jurnalistik: Panduan Praktis Penulis dan Jurnalis. Simbiosa Rekatama Media.

Tarigan, H. G. (2019). Pengajaran Pragmatik. Angkasa.

Wijana, I. P. (1996). Dasar-Dasar Pragmatik. Penerbit Andi.

Yule, G. (2014). Pragmatik. Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.