An Analysis of Teacher's Strategies in Teaching Writing in Descriptive Text at VIII Grade SMPN 1 Sugihwaras

Febby Valentina, Chyntia Heru Woro Prastiwi

Abstract


Strategi mengajar guru dapat mempengaruhi minat belajar siswa dalam belajar menulis khususnya pada teks deskriptif. Dalam strategi ini terdapat empat strategi yang digunakan dalam pembelajaran teks deskriptif yaitu menggunakan gambar, permainan, menghafal, QAR, serta kelemahan dan kelebihan strategi guru dalam pengajaran teks deskriptif. Peneliti ini menggunakan metode deskriptif kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi sebagai data pendukung berupa RPP. Subyek penelitian ini adalah 2 orang guru bahasa Inggris kelas VIII yang mengajar teks deskriptif di SMPN 1 Sugihwaras. Analisis data dilakukan berdasarkan prosedur data yang dikemukakan oleh Arikunto yang terdiri dari Data Primer dan Data Sekunder. Hasil tersebut menunjukkan bahwa dalam pembelajaran teks deskriptif terdapat beberapa strategi yang digunakan guru untuk mencapai hasil menulis siswa tentang teks deskriptif.

Kata Kunci: Strategi Pengajaran, Menulis, Teks Deskriptif.


Full Text:

PDF

References


Ariyanti, A., & Fitriana, R. (2017, October). EFL students' difficulties and needs in essay writing. In International Conference on Teacher Training and Education 2017 (ICTTE 2017) (pp. 32-42). Atlantis Press.

Irikawati, I. (2017). Identifying Teacher’s Strategies In Teaching Writing. Al-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal), 2(1), 10-16.

Karunia, L. D. (2019). Peningkatan hasil belajar menulis narasi dengan menggunakan model mind mapping pada siswa kelas III SDN Mangunrejo Kabupaten Kediri (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Mansur, H., Utama, A. H., & Irianti, E. (2019, December). The Development of Ecosystem Education Game Product to Improve Learning Motivation of 5th Grade Students in Elementary School. In International Conference on Education Technology (ICoET 2019) (pp. 207-211). Atlantis Press.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif (XXVII). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, H. N., Mavondo, F. T., Matanda, M. J., & Ndubisi, N. O. (2011). Entrepreneurship: Its relationship with market orientation and learning orientation and as antecedents to innovation and customer value. Industrial marketing management, 40(3), 336-345.

Rakhmat, J. (2005). Belajar Cerdas: Belajar Berbasiskan Otak. Mizan Learning Center.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Unsi, B. T. (2014). Media Gambar Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 2(1), 26-44.

Wang, C. L., & Ahmed, P. K. (2007). Dynamic capabilities: A review and research agenda. International journal of management reviews, 9(1), 31-51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.