Analisis Kebutuhan Modul Berbasis Pendekatan Heuristik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Peluang Kelas VIII SMP

Nining Setiani, Sehatta Saragih, Putri Uanita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan modul sebagai bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi peluang kelas VIII SMP. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melakukan wawancara dengan guru matematika siswa kelas VIII dan pemberian tes untuk menilai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi peluang. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa SMP kelas VIII. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kurikulum, analisis materi dan analisis siswa. Hasil dari analisis diperoleh informasi bahwa guru belum pernah melakukan pengembangan modul sebagai bahan ajar secara mandiri melainkan menggunakan buku cetak yang tersedia di sekolah dan persentase kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi peluang yang tergolong masih rendah sehingga membutuhkan bahan ajar mandiri berupa modul berbasis pendekatan heuristik yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi peluang.

Kata kunci—Modul Berbasis Pendekatan Heuristik, Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa, Peluang Kelas VIII SMP


Full Text:

PDF

References


Arjuna Yahdil Fauza Rambe & Lisa Dwi Afri. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Pendidikan & Matematika AXIOM. Vol. 9, No. 2

Batubara, H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.

Hardi Tambunan. (2014). Strategi Heuristik dalam Pemecahan Masalah Matematika Sekolah, Jurnal Saintech. Vol. 06, No. 04.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo. (2017). U. Hard Skills dan Soft Skills. In Refika Aditama.

Komarudin. (2016). Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Peluang Berdasarkan High Order Thinking. Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, Vol.8,No.1

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta. Bumi Aksara

Lubis, J. N., Panjaitan, A., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Analysis Mathematical Problem Solving Skills of Student of the Grade VIII-2 Junior High School Bilah Hulu Labuhan Batu. International Journal of Novel Research in Education and Learning, Vol.4,No.2

Masykur Ruban. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 8, No. 2

Novotna, J. et al. (2014). Problem Solving in School Mathematics Based on Heuristic Strategies. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, Vol. 7, No. 1, 1-6

Putri, C. R. T. A., Hobri, & Fatahillah, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Metode Jumping Task Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Kadikma, Vol.9,No.3

https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183


Refbacks

  • There are currently no refbacks.