Analisis Keterampilan Sosial Siswa Kelas II Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Di Uptd Sdn Demangan 1 Bangkalan

Mufidatun Nisa ’, Priyono Tri Febrianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan sosial siswa kelas II pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di UPTD SDN Demangan 1 Bangkalan. Keterampilan sosial siswa dilihat berdasarkan indikator hubungan teman sebaya, kemampuan akademis, manajemen diri, kepatuhan, dan perilaku asertif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial siswa pada hubungan teman sebaya memperoleh hasil 39% dengan kategori cukup baik. Keterampilan sosial indikator kemampuan akademis sebesar 37% dengan kategori baik. Keterampilan sosial pada manajemen diri sebesar 34% yang termasuk pada kategori cukup baik. Indikator keterampilan sosial kepatuhan sebesar 58% dengan kategori cukup baik. Keterampilan sosial indikator perilaku asertif sebesar 37% dengan kategori cukup baik. Rata-rata yang diperoleh dari keseluruhan indikator keterampilan sosial adalah 76 dan termasuk pada kategori cukup baik. Adapun pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru selama 6 pertemuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share diperoleh hasil 78,5% dengan kategori sangat baik.

Kata kunci: keterampilan sosial, model think pair share


Full Text:

PDF

References


Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan Teori dan Praktik dalam Pendidikan. CV. Widya Puspita.

Azizah, A. A. M., & Maemonah, M. (2022). Penerapan Think Pair Share pada pembelajaran tematik: Analisis perkembangan sosial emosional siswa usia dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 31. https://doi.org/10.30659/pendas.9.1.31-44

Dewi, S. S., Acesta, A., & Purnomo, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends Terhadap Keterampilan Sosial Peserta Didik Di Kelas the Influence of Cooperative Learning Model Type Time Token Arends Towards Students’S Social Skills in the Classroom. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 43–56. https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi

Indriyani, I., Ahied, M., & Rosidi, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (Dlps) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bencana Alam. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 8. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3442

Kurnia Wati, E., Sri Maruti, E., & Budiarti, M. pd. (2020). Aspek Kerjasama dalam Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 97–114.

Puspitasari, W. D., Rodiyana, R., & Majalengka, U. (2020). Model Pembelajaran Quiz Team Untuk Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 103–110.

Putri, I. S., Solih, S., & Handoyo, A. W. (2019). The Effectiveness of Cooperative Game Techniques to Improve Social Skills of State Elementary School Students 2 Curugbarang Pandeglang. Cendekiawan, 1(2), 51–60. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i2.168

Rachman, S. P. D., & Cahyani, I. (2019). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 52–65. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5312

Siahaan, N., & Rusmaliyah. (2019). Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pendidikan di Era Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 962–965.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). CV. Alfabeta.

Sulistyawati, W., Wahyudi, & Trinuryono, S. (2022). Analisis (Deskriptif Kuantitatif) Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Blended Learning Di Masa Pandemi Covid19. Kadikma, 13, No. 1, 68–73.

Virdawati, P., Hendriana, H., & Rosita, T. (2021). Profil Keterampilan Sosial Siswa Di Sman 2 Purwakarta. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(6), 494. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i6.8294


Refbacks

  • There are currently no refbacks.