The Implementation of Flashcard to Teach Spontaneous Speaking for Students in Al Khawarizmi Course

Alvian Della Ayu Putri Sintya, Oktha Ika Rahmawati, Puput Suriyah

Abstract


Bahasa Inggris telah menjadi sorotan perhatian untuk waktu yang lama. Karena banyaknya manfaat dari berbicara dalam bahasa Inggris, maka siswa harus menguasai bahasa Inggris dengan baik, khususnya berbicara dalam dunia akademis dan profesional. Salah satu metode untuk memiliki komunikasi terbaik dalam bahasa Inggris dengan menerapkan flashcard untuk mengajarkan berbicara spontan dengan cara yang lebih baik. Flashcard dan berbicara spontan membuat siswa lebih tertantang dalam berbicara dan memberikan pengalaman baru dalam perkembangan berbicara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 10 siswa Al Khawarizmi Course Bojonegoro khususnya dari International Class Program (ICP). Pelaksanaan flashcard dan spontaneous speaking dilaksanakan selama 3 hari, dimana siswa diberikan flashcard secara acak oleh guru dan siswa harus berbicara secara spontan tanpa bantuan dan berpikir kritis. Setelah menerapkan semua aturan, guru memberikan questioner dan memiliki dokumentasi untuk mendukung hasil implementasi. Penelitian ini menemukan bahwa implementasi flashcard untuk mengajarkan berbicara spontan berhasil berdasarkan tes berbicara dari para siswa. Selain itu, implementasi flashcard dalam berbicara spontan menunjukkan bahwa hambatan berbicara berasal dari kurangnya kepercayaan diri dan keadaan sekitar. Kedua penerapan flashcard untuk mengajarkan berbicara spontan dan hambatan dalam mengajar berbicara menggunakan flashcard merupakan kombinasi baru yang terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Siswa dapat menggunakan flashcard untuk memperkuat kemampuan berbicara sambil melakukan berbicara spontan.

Keywords—Implementasi, Flashcard, Berbicara Spontan


Full Text:

PDF

References


Al Hosni, S. (2014). Speaking Difficulties Encountered by Young EFL Learners. International Journal on Studies in English Language and Literature, 2(6), 22-30.

Al-Eiadeh, A., Al.Sobh, M., Al-Zoubi, S., & AlKhasawneh, F. (2016). Improving English Language Speaking Skills of Ajloun National University Students. International Journal of English and Education, 5(3), 181-195. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/306079718

Amanda, V., & Donal, A. (2019). Students’ Grammatical Error in Delivering the Impromptu Speech. Journal of English Education, 5, 78-87.

Chen, R. W., & Chan, K. K. (2019). Using augmented reality flashcards to learn vocabulary in early childhood education. Journal of Educational Computing Research, 57(7), 1812-1831. https://doi.org/10.1177/0735633119854028

English Language and Literature International Conference (ELLiC) Proceedings. (n.d.). English Language and Literature International Conference (ELLiC) Proceedings. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/ELLIC/index

Komachali, M. E. & Khodareza, M. (2012). The Effect of Using Vocabulary Flashcard on Iranian Pre-University Students‟ Vocabulary Knowledge.International Education Studies. 5(3). 134-147

Kornell, N. (2009). Optimising learning using flashcards: Spacing is more effective than cramming. Applied Cognitive Psychology, 23(1), 1297–1317. https://doi.org/10.1002/acp

Kupzyk, S., Daly, E. J., & Andersen, M. N. (2011). A comparison of two flash-card methods for improving sight-word reading. Journal of Applied Behavior Analysis, 44(4), 781–792. https://doi.org/10.1901/jaba.2011.44-781

Latha, B. M. (2012). Teaching English as A Second Language: Factors Affecting Learning Speaking Skills. International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), 1(7). www.Ijert.Org

Luan, Y. & Guo, X. (2011). A Study on the Application of the Immersion Teaching Model to EFL Learners in Institutions of Higher Education. Canadian Center of Science and Education, 4 (1), 152-161

Oktha Ika Rahmawati, Oktha and Fitri Nurdianingsih, Fitri Nurdianingsih (2022) developing online module uses online application. International Proceeding English Language and Literature International Conference (Ellic 2022), 5 (1). pp. 462-470. ISSN 2579-7263

Richards, J. C. (2002). Methodology in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.

Russell, M. K., & Airasian, P. W. (2012). Classroom Assessment Concepts and Applications (Seventh Edition). Mcgraw-Hill Higher Education. Https://Www.Daneshnamehicsa.Ir/Userfiles/Files/1/7%20Classroom%20Assessment_%20Concepts%20and%20Applications.Pdf

Sitompul, E. Y. (2013). Teaching Vocabulary Using Flashcards and Word List. Journal of English and Education. 1(1). 52-58

Widya, Yuliana, T. I., & Sofiani, Y. (2018). Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris dengan Media Relia dan Flashcard. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1). 39-47

Yusuf, Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.