An Analysis of Educational Value In “Till 2022” Movie
Abstract
Film adalah bentuk komunikasi visual. Film menampilkan gambar-gambar yang menyampaikan sebuah cerita di bioskop atau televisi. Dengan cara ini, pembelajaran bahasa akan menjadi lebih menyenangkan, karena film tidak hanya berfungsi sebagai media pembelajaran yang menyenangkan, tetapi juga akan diperkenalkan kepada individu dengan nilai-nilai pendidikan. Kemudian, menonton film dapat membantu dalam menumbuhkan motivasi belajar bahasa Inggris. Penelitian ini berjudul "Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Film "Till 2022" Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan nilai pendidikan dalam film Till 2022. Keith Beauchamp, yang menulis dan memproduksi film Till yang disutradarai oleh Chinonye Chukwu, juga memproduksi film dokumenter The Untold Story of Emmett Louis Till. Film sejarah Till yang dirilis pada tahun 2022 ini bercerita tentang Mamie Till Mobley, seorang ibu yang menjadi aktivis yang mengkampanyekan keadilan setelah hukuman mati terhadap putranya yang berusia 14 tahun, Emmett Till, pada tahun 1955. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sepuluh nilai pendidikan dalam film Till 2022, yaitu keberanian, kepercayaan diri, toleransi, bangga, rasa hormat, cinta, kerja sama, tolong menolong, kepercayaan, dan keadilan.
Kata kunci— Analisis, Film Till 2022, Nilai Pendidikan.
Full Text:
PDFReferences
Bo, Xu. (2018). Multimodal Discourse Analysis of the Movie Argo. Journal of English Language Teaching. Canadian Center of Science and Education, Vol. 11, No. 4; 2018. http://doi.org/10.5539/elt.v11n4p132
Boggs, J.M.P, & Dennis, W. (2008). The Art of Watching Films. New York: McGraw-Hill.
Burns, A. C. (2009). Action, romance, or science fiction: Your favorite movie genre may affect your communication. American Communication Journal, 11(4), 1-17.
Effendy, Onong Uchjana. (1986). Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung: Alumni.
El Mubarok, Zaim. (2008). Grounding Values Education. Bandung: Alfabeta.
Gehring, W. D. (1988a). Clown comedy. In W. D. Gehring (Ed.), Handbook of American film genres (pp. 189-208). New York: Greenwood Press.
Grodal T, (2009). Embodied visions: Evolution, culture, and film, Oxford: Oxford University Press.
Hasanah, Uswatun. (2022). An Analysis of Educational Value in Moana Movie. Thesis, English Education Department, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, State Institute of Islamic Studies Ponorogo. Advisor: Ahmad Nadhif, M.Pd.
Lakshmi, V. V., & Paul, M. M. (2018). Value education in educational institutions and role of teachers in promoting the concept. International Journal of Educational Science and Research (IJESR), 8(4), 29-38.
Lambert, V. A., & Lambert, C. E. (2013). Qualitative Descriptive Research: An Acceptable Design. Pacific Rim International Journal of Nursing Research, 16(4), 255-256.
LeCompte, M. D., & Schensul, J. J. (1999). Analyzing and interpreting ethonographic data. Walnut Creek, CA: AltaMira Press.
Mustari, M. (2011). Nilai karakter refleksi untuk pendidikan karakter
Nasir, c., samad, i. A., jannah, t. M., & sharudin, e. S. (2019). An analysis of moral values in the movie “coco”. Eeic (english education international conference), 1-10.
Rabiger, Michael. (2008). Directing Film, Techniques And Aesthetics. Third Edition. British: Burlington, MA.
Selvamony, Nirmal. (1990). “An Alternatif Social Order”. In Value Education Today:Explorations in Social Etihcs, ed. J. T. K. Daniel and Nirmal Selvamony, 229-50.
Sobchack, Vivian. (1987) Screening Space: The American Science Fiction Film, 2nd ed. New York: Ungar.
Staton, R. (2007). Dasar-dasar Teori Fiksi. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Suryati, Selvy Dwi. (2018). An Analysis of Educational Values in “LIFE OF PI” Movie. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Tarratt, M. (1995). Monsters from the id. In: Grant BK (ed.) Film Genre Reader II. Austin: University of Texas Press, 330–349.
Tasker, Y. (2004). Steve Neale Action Adventure as Hollywood Genre. The Action and Adventure Cinema, 87– 99.
Tudor, A. (1997). Why horror? The peculiar pleasures of a popular genre. Cult. Stud. 11, 443–463.
Webster. (1981). Third new international dictionary. Encyclopedia Britania: Meriam Webster Inc.
Refbacks
- There are currently no refbacks.