Tantangan Penerapan Literasi Pancasila Di Sekolah Dasar

Umri Rahman Efendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tantangan penerapan literasi pancasila di sekolah dasar SDN 101786 Helvetia. Penelitian yang dilaksanakan ialah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Data pada penelitian ini di ambil pada semester genap tahun ajaran 2022-2023. Literasi pancasila merupakan salah satu gerakan yang tepat untuk segera dilaksanakan. Gerakan literasi Pancasila diartikan sebagai sebuah gerakan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila sehingga peserta didik dapat menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sederhananya dengan literasi pancasila maka kita akan membumikan kembali pancasila.Dari penelitian yang telah di lakukan, didapati bahwa tantangan yang dihadapi oleh guru dalam penerapan literasi pancasila diantaranya ialah terkait bahan ajar yang masih perlu untuk di tambah, belum adanya program literasi yang dilaksanakan, serta masih rendahnya motivasi siswa. Diharapkan Setiap warga negara Indonesia memiliki kemampuan untuk menginternalisasikan nilai nilai Pancasila dan menanamkan pada dirinya serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci : literasi pancasila, tantangan pembelajaran, motivasi


References


Anwar, M. (2017). Filsafat Pendidikan. Depok: Kencana

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Hartati, N. (2017). Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Pustaka Setia

Khoirunisa, N., Dkk. (2022). Penerapan Budaya Literasi Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila di Era Digital. Jurnal Kewarganegaraan Uviversitas Pendidikan Indonesia. Vol. 6, no. 1, hal 2244-2252

Noor, J. (2013). Metode Penelitian : Skripsi, Tesis, Didertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Octafiona, E., Dkk. (2020). Memahami Nilai-Nilai Pancasila Melalui Budaya Literasi. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam. Vol. 1, no. 2, hal. 62-73

Rohmah, T. R. S. (2019). Membangun Kearifan Lokal melalui Gerakan Literasi Mibanda (Micinta Baca Tulis Aksara Sunda) di SDN Sukahayu Kabupaten Subang. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 10, no. 2, hal. 59-73

Saragih, D. K., (2021). Hubungan Literasi Pancasila Dalam Pendidikan Indonesia yang Berkarakter. Jurnal Pendidikan Tematik, vol 2, no. 1, hal 46-52

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya . Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama.

Suteja, & Affandi, A. (2016). Dasar Dasar Pendidikan. Cirebon: Elsi Pro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.