AN ANALYSIS OF STUDENTS’ MOTIVATION TO LEARN ENGLISH AT FOURTH GRADE OF MIN 1 KEPATIHAN BOJONEGORO IN ACADEMIC YEAR 2023/ 2023

Indah Ayu Dayanti, Meiga Ratih Tirtanawati, Chyntia Heru Woro Prastiwi

Abstract


Motivasi memainkan peran yang sangat penting bagi siswa dalam belajar bahasa asing. Motivasi yaitu dorongan internal maupun external dalam mempengaruhi keinginan untuk mencapai suatu tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi yang mempengaruhi siswa dalam belajar bahasa inggris dan kesulitan siswa dalam belajar bahasa inggris. Penelitian ini dilakukan di kelas IVB MIN 1 Kepatihan Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data melakukan instrument wawancara dan kuesioner. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) motivasi siswa yang lebih dominan dalam belajar bahasa inggris yaitu motivasi intrinsic. 2) kesulitan siswa dalam belajar bahasa inggris terdapat pada kosakata dan pengucapan yang berbeda dengan tulisan. Ada teman, keluarga dan tujuan yang menjadi timbulnya motivasi dalam diri siswa dan persaingan didalam kelas untuk mencapai nilai yang tertinggi.


Full Text:

PDF

References


Charles, R. (2017). The Analysis of Students’ Motivation in Learning. Journal of Education and Learning, 4(4)(4), 311–324.

Dini, R., & Fitrawati, F. (2020). An Analysis of English Students’ Motivation in Reading Academic Articles at English Education Program of Universitas Negeri Padang. Journal of English Language Teaching, 9(2), 428. https://doi.org/10.24036/jelt.v9i2.108154

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Idami, Z. (2022). English for Young Learners: Identifying Students’ Interest and Motivation in Learning English at Madrasah Ibtidaiyah. 6(5). Retrieved from https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.4001

Jannah, S. R., Matin, M. F., & Nurdianingsih, F. (2019). An Analysis of Students Motivation in Learning English in Fifth Grade SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama, 2(5), 1–6.

Kasyulita, E., & Armelida. (2019). an Analysis of Students’ Motivation in Learning English After Given Rewards At the Eight Grade Students’ of Smpn 3 Rambah. JEE (Journal of English Education), 5(1), 23–36. https://doi.org/10.30606/jee.v5i1.551

Laiya, R. E., Zagoto, I., & Sarumaha, A. Y. (2022). Students ’ Motivation in Learning English During Pandemic Covid-19At Sma Negeri 1 Telukdalam. 4(1), 1–11.

Purnama, N. A., Rahayu, N. S., & Yugafiati, R. (2019). Students’ Motivation in Learning English. PROJECT (Professional Journal of English Education), 2(4), 539. https://doi.org/10.22460/project.v2i4.p539-544

Rahmawati, O, I., Nurdianingsih, F., & Fitrianingsih, A. (2021). Motivating Students to Read Digital Modul. Seminar Nasional Pendidikan LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. 1985732121

Rezki, A., et al. (2022). Motivating students in learning English using ice breaking. Al Lughawiyaat, 1(3), 1–9.

Sultra, E. D., & Baharudin. (2020). Analysis of Student’s Difficulties In Learning English at SMA Negeri 1 Batauga. English Education Journal, (124), 65–75. Retrieved from https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/english/article/view/364

Takahashi, T. (2018). Motivation of students for learning english in Rwandan schools. Issues in Educational Research, 28(1), 168–186.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.