Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer

Umi Maghfiroh Al Fitriya, Tafsillatul Mufida Asriningsih, Tomy Syafrudin

Abstract


Abstrak— Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis kesalahan yang digunakan dalam penelitian adalah jenis kesalahan menurut Newman. Pada penelitian ini diambil 2 subjek penelitian yaitu satu subjek dengan gaya kognitif visualizer dengan jumlah kesalahan terbanyak dan satu subjek dengan gaya kognitif verbalizer dengan jumlah kesalahan terbanyak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tulis, wawancara dan penyebaran angket VVQ. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kedua subjek dengan gaya kognitif visualizer dan verbalizer melakukan jenis kesalahan yang sama, yaitu kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Akan tetapi rincian kesalahan yang dilakukan berbeda baik dalam uraian pengerjaan secara tertulis maupun gambar.

Kata kunci— kesalahan, soal cerita, visualizer, verbalizer

Abstract— The purpose of this study was to describe students' mistakes in solving story problems in terms of visualizer and verbalizer cognitive styles. This research includes descriptive research with a qualitative approach. The type of error used in the study is the type of error according to Newman. In this study, 2 research subjects were taken, one subject with the visualizer cognitive style with the highest number of errors and one subject with the verbalizer cognitive style with the highest number of errors. Data was collected by means of written tests, interviews and VVQ questionnaires. The results obtained from this study were both subjects with visualizer and verbalizer cognitive styles made the same type of mistakes, they were process skills errors and final answer writing errors. However, the details of the mistakes made are different both in the description of the work in writing and in the pictures.

Keywords— error, story problem, visualizer, verbalizer

 



Full Text:

PDF

References


Alamsyah, I. (2020). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. http://repository.upstegal.ac.id/2462/1/Skripsi_Ilham_Alamsyah_W2016%5B1%5D.pdf

Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita DItinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Aksioma, 8(1), 17–30.

Chumairoh, L. (2020). Analisis Pengajuan Soal Matematika Siswa MTs Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. UNIPDU Jombang.

Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Jurnal Kadikma, 8(1), 40–51. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5229

Fatri, F. F., Maison, & Syaiful. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Jurnal Didaktik Matematika, 2(6), 98–111.

Febriansari, K. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. UIN Sultan Thaha Saifuddin.

Firdaus, F. (2017). Epistemic Cognition Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. UIN Sunan ampel Surabaya.

Gunawan, A. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 59 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 1–10.

hanifah, erni hikmatul. (2011). Identifikasi Berdasarkan Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Metode Analisis Kesalahan Newman: Studi Kasus SMP Bina Bangsa Surabaya.

Khaidir, C., & Rahmi, E. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas X 2 Sman 1 Salimpaung Berdasarkan Metode Kesalahan Newman. International Seminar on Education, 103–110.

Manibuy, R., & Saputro, D. R. S. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solo Pada Kelas X SMA Negeri 1 Plus Di Kabupaten Nabire Papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 933–945.

Meliasari, Septihani, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., & Fitriani, N. (2020). analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep matematika sekolah dasar pada materi bangun datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 24(1), 1–22.

Mendelson, A. L. (2004). For Whom is a Picture Worth a Words? Effects Of The Visualizing Cognitive Style and Attention on Processing of News Photos. Journal Of Visual Literacy, 24(1), 1–22.

Nilamsari, N., & Astutik, E. P. (2021). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi SPLDV Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 37–44.

Qoriatu, N. A. H. (2014). Profil Pemahaman Konseptual Aljabar Siswa SMP dengan Menggunakan Representasi Beragam Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif Visualizer-Verbalizer. Jurnal Dikma, 4(2), 53–63.

Rusmita, L., Alfin, K., & Dwi, R. . (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Bangun Datar Kelas IV. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Safitri, firda amelia, Sugiarti, T., & Hutama, fajar surya. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Jpk, 5(1), 42–49.

Ulifah, S. . (2014). Hasil Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Relasi. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(2), 123–133.

Yulianingsih, E. (2017). analisis pemahaman siswa SMP dalam menyelesaikan masalah aljabar berdasarkan gaya kognitif visualizer-verbalizer. UIN Sunan Ampel Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.