Media Sosial sebagai Platform Pembelajaran Alternatif di Era Digital

Rifa Suci Wulandari, Fitriana Kartika Sari

Abstract


Abstrak - Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan apakah media sosial dapat menjadi platform pembelajaran alternatif yang relevan di era digital sekarang. Media sosial sudah menjadi media yang sangat familiar dan dekat dengan kehidupan masyarakat masa kini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur atau penelitian kepustakaan (library research). Peneliti melakukan kajian dari berbagai sumber yang relevan tentang karakteristik media sosial maupun pemanfaatannya sebagai platform pembelajaran alternatif. Berdasarkan hasil kajian, diperoleh kesimpulan bahwa media sosial telah memenuhi kriteria untuk dapat digunakan sebagai platform pembelajaran di era digital. Menu layanan yang tersedia di media-media sosial dapat dimanfaatkan menjadi sarana fasilitator proses pembelajaran. Pendidik dan peserta didik dapat berinteraksi dalam kegiatan belajar-mengajar tanpa terbatas pada ruang dan waktu, kapan dan dimana saja melalui media sosial. Pemanfaatan media sosial sebagai platform pembelajaran relevan digunakan di era digital sekarang.

Kata kunci—Media Sosial, Platform Pembelajaran, Era Digital

Abstract - This research objective is to describe whether social media can be implemented as one of the relevant alternative learning platforms in today’s digital era. Nowadays, social media has become a familiar and close media to the society’s life. This research method used is literature study or library research. The researchers analyze various kinds of relevant resources about the characteristics of social media and its usage as an alternative learning platform. Based on the research analysis result, it can be concluded that social media has met the criteria to be used as a learning platform in digital era. Service features provided in various social media can be used as a medium to facilitate the learning process. Teachers and students can interact in a teaching learning activity without any limitation of space and time, whenever and wherever through social media. The use of social media as learning platform is relevant to be used in today’s digital era.

Keywords—Social Media, Learning Platform, Digital Era

 



Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Beemt, A. Van Den, Thurlings, M., & Willems, M. (2020). Towards an understanding of social media use in the classroom: a literature review.

Carr, C. T., & Hayes, R. A. (2015). Social Media: Defining, Developing, and Divining. Atlantic Journal of Communication, 23(1), 46–65. https://doi.org/10.1080/15456870.2015.972282

Devi, K. S., Gouthami, E., & Lakshmi, V. V. (2019). Role of Social Media in Teaching – Learning Process. Jetir, 6(January), 96–103.

Faizi, R., El Afia, A., & Chiheb, R. (2013). Exploring the Potential Benefits of Using Social Media in Education. International Journal of Engineering Pedagogy (IJEP), 3(4), 50. https://doi.org/10.3991/ijep.v3i4.2836

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Revisi). Malang: Literasi Nusantara.

Harida, R., Astuti, CW., &Mustikasari, R. (2021). Survey Penggunaan Aplikasi Pengajaran Daring dalam Era Pandemi di STKIP PGRI Ponorogo. Jurnal PEBAS: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 1(2), 128-133.

Husain, Chaidar. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan Husain. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 2, Nomor 2, Juli 2014; 184-192 ISSN: 2337-7623; EISSN: 2337- 7615

Indrawati dan Wawan Setiawan. (2009). Modul Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Jakarta: PTKIPA Press.

Irianto, A. (2011). Kekerasan dalamSerial Televisi (Studi Analisis Isi Tentang Adegan Kekerasan dalam Serial Televisi Animasi Jepang Naruto Shippunden yang Ditayangkan di Global Tv Periode Bulan November 2010), (Skripsi). Surakarta: FKI UMS (tidak dipublikasikan)

Ismail, A.N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab di SMAIT Albiruni Mandiri Makassar. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 11 (1), 37-53. https://doi.org/10.24252/jip.v11i1.29544

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105

Miles, M. B dan A Michael Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial; Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Setiyawati, A., Wulandari, R.S., & Novitasari, L. (2021). Pencapaian Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Selama Pembelajaran Daring di Masa Covid­19. Mentari: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2):51-59.

Purnomo, A., Ratnawati, N., & Aristin, N. F. (2016). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning pada Generasi Z. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 70–76. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p070

Tafonao, T., Saputra, S., & Suryaningwidi, R. (2020). Learning Media and Technology: Generation Z and Alpha. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 2(2), 89. https://doi.org/10.32585/ijimm.v2i2.954

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270


Refbacks

  • There are currently no refbacks.