Studi Literasi Model Pembelajaran Word Square dan Kualitas Belajar serta Kemandirian Belajar PPKn Sekolah Menengah Atas (SMA)

Elma Bulan Amilina Sari, Junarti Junarti, Fifi Zuhriah

Abstract


Tujuan pada penelitian ini adalah untuk studi pendahuluan menggunakan model pembelajaran Word Square dan kualitas belajar serta kemandirian belajar pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode pada kajian ini yaitu studi literatur dengan 25 artikel nasional, jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari artikel tentang penerapan model pembelajaran Word Square, kualitas belajar, dan kemandirian belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode pengumpulan data yang diperoleh melalui membaca, mengidentifikasi, menganalisis, mengatakagorikan, mengklasifikasi serta mendeskripsikan. Kemudian hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 11 artikel tentang model pembelajaran Word Square efektif digunakan dan memberikan peningkatan pada hasil belajar ditingkat SMA. Selain itu hasil 6 artikel kualitas belajar dan 8 artikel kemandirian belajar menunjukkan kualitas dan kemadirian menjadi faktor penting dalam keberhasilan belajar jika guru mempunyai profesionalisme dan menggunakan metode pembelajaran yang tepat sesuai pada materi di SMA. Pembentukkan karakter kualitas dan kemandirian belajar ini banyak dipengaruhi oleh faktor dari dalam maupun dari luar walaupun metode yang digunakan oleh guru sudah menggunakan model pembelajaran.

 

Kata Kunci : Word Square, Kualitas Belajar, Kemandirian Belajar


Full Text:

PDF

References


Kholidah, N. R. J., & Sari, E. B. A. (2022, June). Praktik Plagiarisme dikalangan Mahasiswa. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri) (Vol. 1, No. 1, pp. 173-177).

Lestari, E. P. Penerapan Metode Word Square dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Tentang Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada Peserta Didik Kelas V SDN Pacar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2).

Novianty, F., & Ardila, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX C SMP Negeri 1 Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2).

Febriani, R., & Lucyana, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Di SMK Pasundan 1 Kota Serang. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 80-94.

Putri, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Word Square dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fiqih Kelas XI MAN 2 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

PAPEO, D. (2017). Penerapan Model Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Telaga Biru Provinsi Gorontalo. Skripsi, 1(911412016).

Gultom, R. (2014). Efektifitas Pembelajaran Biologi dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Pada Materi Pokok Invertebrata Di Kelas X SMA Negeri 1 Silaen Tahun Pembelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Hermasyah, N. A. S. (2014). Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Teknik Permainan Word Square untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Perancis Tingkat Pemula (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Nur, F. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square dan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan TP 2015/2016 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Ndakularak, M., & PRASETYA, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Word Square dlam Meningkatkan Efektifan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dinamika dan Masalah Kependudukan Kelas XI IPS SMAN 4 Bangkalan Madura.

Tambunan, L. M. (2016). Pengaruh Kolaborasi Model Pembelajaran Word Square dan Time Token Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Amiruddin, U. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Halmahera utara Pada Materi Memahami Permasalahan Ekonomi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(3), 217-223.

Suryati, E. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKN Tema 2 Tentang Aturan Yang Berlaku di Rumah. Melalui Model Make a Match Berbantuan Powerpoint Pada Siswa Kelas I. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(2), 242-250.

Miftah, M. (2014). Pemanfaatan media pembelajaran untuk peningkatan kualitas belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 1-12.

Mas, S. R. (2008). Profesionalitas Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2).

Haryadi, R., & Rosina, I. (2020). Pengaruh sistem pembelajaran daring terhadap motivasi dan kualitas belajar siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(2).

Aini, N., Wahyuni, S., & Totalia, S. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pengajaran Guru dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa di SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4(2).

Utomo, B. (2022). Analisis validitas isi butir soal sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah berbasis nilai-nilai islam. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2).

DA, N. (2014). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa PPKN Melalui Pembelajaran Lesson Study. Jurnal Heritage, 2(2), 09-18.

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382-389.

Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap kemandirian belajar siswa di rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159-170.

Junarti, J., Zainudin, M., & Novela, Y. (2022, June). Membangun Kemandirian Belajar Aljabar Abstrak melalui Modul Pendampingan. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri) (Vol. 1, No. 1, pp. 265-287).

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri œX. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 7(1), 43-49

.

Prayuda, R., Thomas, Y., & Basri, M. (2014). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(8).

Budiyanto, A. M., & Rohaeti, E. E. (2014). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa SMA melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(2), 166-172.

Sugandi, A. I. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif jigsaw terhadap kemandirian belajar siswa SMA. Infinity Journal, 2(2), 144-155.

Munawaroh, I. (2021). Modul Belajar Mandiri. Retrieved from https://cdn-gbelajar.simpkb.id/s3/p3k/Pedagogi/Modul%20Bahan%20Belajar%20-%20Pedagogi%20-%202021%20-%20P1.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.