Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika dengan Metode Flipped Classroom pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras

Muhammad Rizal Usman, Andi Alim Syahri, Sri Wahyuni

Abstract


Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran matematika dengan metode Flipped Classroom pada pokok bahasan teorema Pythagoras. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan desain pembelajaran dengan metode flipped classroom adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 20 Bulukumba. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi oleh para ahli, angket respon siswa, dan soal tes siswa materi teorema Pythagoras. Hasil penelitian pengembangan desain pembelajaran matematika ini melalui lima tahapan mulai tahapan analisis permasalahan dasar,analisis teori belajar dan materi, menyusun instrumen, angket dan soal, validasi instrumen oleh ahli, revisi instrumen, angket, pemilihan materi, pengembangan desain pembelajaran menggunakan metode flipped classroom, implementasi desain pembelajaran pada subjek sebanyak 25 siswa, hingga tahap evaluasi desain pembelajaran dengan melakukan penyebaran angket respon siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan desain pembelajaran matematika dengan metode flipped classroom yang dikembangkan layak digunakan karena memenuhi kriteria desain pembelajaran seperti valid dengan skor 3,64 dari para ahli. Memenuhi kriteria kepraktisan desain pembelajaran dengan persentase 84,48% untuk angket respon siswa dan memenuhi kriteria keefektifan desain pembelajaran dengan persentase 84% siswa yang memiliki nilai yang memenuhi KKM.

Kata kunci—desain pembelajaran, matematika, flipped classroom

Abstract—This study aims to develop a mathematics learning design using the Flipped Classroom on the subject matter of the Pythagorean theorem. The development model used in the development of learning designs using the flipped classroom method is the ADDIE model which consists of 5 stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subjects of this study were class VIII F students of SMP Negeri 20 Bulukumba. The instruments used in this study were validation sheets by experts, student response questionnaires, and student test questions on the Pythagorean theorem. The results of the research on the development of this mathematics learning design went through five stages starting from the stages of basic problem analysis, analysis of learning theory and material, compiling instruments, questionnaires and questions, validating instruments by experts, revising instruments, questionnaires, selecting material, developing learning designs using the flipped classroom method, implementation of learning design on the subject of 25 students, up to the evaluation stage of learning design by distributing student response questionnaires and learning achievement tests. The results of the study show that the development of a mathematics learning design using the flipped classroom method is feasible to use because it meets the learning design criteria as valid with a score of 3.64 from the experts. Meet the practicality criteria of learning design with a percentage of 84.48% for the student response questionnaire and meet the criteria for the effectiveness of learning design with a percentage of 84% of students who have grades that meet the KKM.

Keywords— learning design, mathematics, flipped classroom

 



Full Text:

PDF

References


Bariyah, S. H. (2019). Implementasi E-Learning dengan Model Flipped Classroom dalam Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sistem Komputer. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(2), 1-8. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i2.575

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. FONDATIA, 4(1), 1-27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60–68. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32509

Rusdiana, E., & Sucipto. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Penerapan Model Coopertaive Learning Tipe Group Investigation (Studi Pada Siswa SMK Dr. Soetomo Surabaya). Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 6(1), 25-26. https://doi.org/10.25139/sm.v6i1.925

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117.

Siskawati, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Discovery Learning berbasis Adiwiyata Materi Aljabar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 105-113. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19587

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI, 2(3), 435-448. https://doi.org/10.36088/edisi.v2i3.1122


Refbacks

  • There are currently no refbacks.