Profil Literasi Matematis dan Profil Hasil Belajar Matematika menggunakan Media Pembelajaran Quizizz pada Sekolah Menengah Pertama

Afnita Agil Syahdela, Junarti Junarti, Fifi Zuhriah

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil literasi matematis siswa dan mendeskripsikan profil hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran Quizizz pada Sekolah Menengah Pertama. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari artikel tentang kemampuan literasi matematis dan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran Quizizz pada siswa sekolah menengah pertama. Metode pengumpulan data yakni dengan membaca, mengidentifikasi dan menganalisis, kemudian mendeskripsikan. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan literasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan media pembelajaran Quizizz memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama.

Kata kunci—literasi matematis, hasil belajar matematika, media pembelajaran Quizizz

 


Full Text:

PDF

References


Abduloh, U., Karomah, N., & Hidayati, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Soal Literasi Matematika melalui Model Creative Problem Solving Kelas VIII H SMPN 9 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Agustiani, S., Agustiani, N., & Nurcahyono, N. A. (2021). Analisis Berpikir Literasi Matematika Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2019). Peningkatan kemampuan literasi matematika siswa sekolah menengah pertama melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Education and development.

Ayunengdyah, N., Suharningsih, & Nurul Iffah, J. D. (2022). Pengaruh media pembelajaran berbantuan quizizz. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics.

Buyung, & Dwijanto. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematis melalui Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Scaffolding. Unnes Journal Of Matehamtics Education Research.

Dinni, H. N. (2018). HOTS. Prisma Prosisding semoinar matematika, 170-176.

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika.

Fitriana, A. S., & Lestari, K. E. (2022). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten space and shape ditinjau dari level kemampuan spasial matematis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif.

Johar, R. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika . Jurnal Peluang, 30-41.

junarti, & zainudin, M. (2022). Strategi efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika . jurnal pendidikan edutama, 107-124.

Kholifasari, R., Utami, C., & Mariyam. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari karakter kemandirian belajar materi aljabar. Jurnal Derivat.

Lestari, R. D., & Sania Efffendi, K. N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Jurnal Pendidikan Matematika.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar . Jurnal Pendidikan Matematika.

Pamungkas, M. D., & Franita, Y. (2019). Keefektifan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika.

Qadry, I. K., Dassa, A., & Aynul, N. (2022). Analisis kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten space and shape pada kelas IX SMP Negeri 13 makassaR. Jurnal Matematika dan Aplikasinya.

Rahim, R., & Rahman, M. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah . Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi.

Salamah, D., & Maryono. (2022). Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika.

Sari, R. N. (2015). Literasi Matematika : Apa, Mengapa dan Bagaimana? Seminar nasioanal matematika dan pendidikan matematika UNY, 713-720.

Selviana, F., & Handayani, R. (2022). Pengaruh penggunaan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar statistika siswa kelas viii di smp negeri 3 koatbumi lampung utara tahun ajaran 2020/2021. Jurnal Griya Cendikia.

SUNARDI, D. (2020). Hubungan Meningkatnya Hasil Belajar Siswa SMP dengan Penerapan Media Evaluasi Pembelajaran Inovatif Quizizz. Researchgate.

Yuniati, I., Sudirman, Son, A. L., & Gunadi, F. (2020). Bagaimanakah literasi matematika siswa sekolah menengah pertama pada materi relasi dan fungsi ?: explorator case study. Jurnal Pendidikan Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.