Profil Literasi Matematis dan Gaya Belajar Matematika di Sekolah Dasar

Afifatul Abidah, Junarti Junarti, Fifi Zuhriah

Abstract


Abstrak - Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil literasi matematis siswa dan mendeskripsikan profil gaya belajar matematika di Sekolah Dasar. Kajian ini menelusuri 16 artikel nasional . Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari artikel tentang kemampuan literasi matematis dan gaya belajar Siswa Sekolah Dasar. Metode pengumpulan data yakni dengan membaca, mengidentifikasi dan menganalisis, kemudian mendeskripsikan. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan literasi matematis siswa Sekolah Dasar rendah (level 2) dan gaya belajar visual lebih banyak dimiliki siswa Sekolah Dasar daripada gaya belajar auditori dan kinestetik, dengan prosentease 46-52%.

Kata kunci—literasi matematis, gaya belajar, Sekolah Dasar

Abstract - This study aims to describe the profile of students' mathematical literacy and describe the profile of mathematics learning styles in elementary schools. This study traced 16 national articles. The type of data used is secondary data from articles about mathematical literacy abilities and learning styles of elementary school students. The data collection method is by reading, identifying and analyzing, then describing. The results of this study indicate that elementary school students have low mathematical literacy abilities (level 2) and visual learning styles are more common among elementary school students than auditory and kinesthetic learning styles, with a percentage of 46-52%.

Keywords—mathematical literacy, learning style, primary school

 



Full Text:

PDF

References


Ahyansyah. (2018). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar. 2 (2), 78-87.

Amaliya, I., Fathurohman, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 05(1), 45-56.

Amin, A. & Partini, S. (2016). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar dan Model Pembelajaran. Jurnal Prima Edukasia. 4 (1), 12-19.

Drummond, M. J. (2003). Assessing Children Learning. London: David Fulton Publishers.

Dwi, N. (2019). Proses Berpikir Lateral Siswa SD dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Open Ended Ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar. Jurnal Matematika. 2 (2), 80-86.

OECD. (2009). Learning Mathematics for Life: A Perspective from PISA. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2019). PISA 2017 Assessment and Analytical Framework. OECD Report

Faizal, M. (2020). Proses Berpikir Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah berbentuk Soal Cerita Marematika berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal pendidikan. 2 (1). 150-170.

Fasya, A., Mutrofin & Alfarisi, R. (2021). Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar. 8 (1), 40-57.

Fironika, R., Ulia, N. & Ristanti, N. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Literasi Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 28 (1), 11-16. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/

Gyta, D., Nasution, F., Sumanti, E., Alparis, S. (2022). Analisis Kemamampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6 (2), 2090-2097. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400

Hamzah, H. (2021). Sunday Mathday: Ranking PISA Indonesia dan Pembahasan Soal.URL:https://www.zenius.net/blog/rankingpisa-di-indonesia-danpembahasansoal. Diakses tanggal 30 September 2022.

Hartati, L. (2021). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal formatif. 3 (3), 224-235.

Junarti. & Zainudin. (2022). Strategi Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama. 9(2), 107-123.

Nyoman. (2016). Analisis Motivasi dan Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan. 3 (1) ,109-119.

Pardosi, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Masyarakat Belajar dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan. 13 (1). 23-35.

Rizky, E. & Riski, R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa. Jurnal Obsesi. 6 (5), 5113-5125.

Rusli, M., Jumariati. & Wahyuni, S. (2020). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Pendidikan. 7 (1), 82-95.

Saraseila, F., Karjiyati, & Agusdianita, N. (2020). Pengaruh Model Realistic Mathematics Educations terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Matematika. 7 (2), 1-9.

Wanelly, W. & Fauzan, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Open Ended Siswa terhadap Kemampuan Brpikir Kreatif Matematis. Jurnal Basicedu. 4 (2), 523-533.

Wassahua, S. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 2 (1), 82-104.

Windayanti, F. D. (2013). Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Jurnal Erudio. 2 (1), 2302-9021.

Yanti, A. & Widayanti, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Multiterasi untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SD/MI. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar. 10 (2), 107-124.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.