Profil Kemandirian Belajar Siswa yang Mengikuti Kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Kalitidu

Dhofirul Khasanah, Junart Junarti, Fifi Zuhriah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemandirian belajar siswa sekolah menengah atas yang mengikuti kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Kalitidu. Profil kemandirian belajar siswa dilihat berdasarkan aspek kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, dengan jenis pendekatan survei. Sampel pada penelitian ini berjumlah 45 siswa yang merupakan seluruh pengurus OSIS di SMA Negeri 1 Kalitidu Periode 2022/2023. Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner, yaitu skala kemandirian belajar siswa. Hasil analisis yang ditunjukan bahwa tingkat kemandirian belajar siswa sebagaian besar berada pada kategori sedang sejumlah 24  siswa atau 55,5%.  Berdasarkan aspek kemandirian belajar  siswa, ditemukan bahwa  aspek bertanggung jawab dalam belajar merupakan aspek tertinggi dengan Kategori Sangat Baik, aspek yang kedua yaitu percaya diri dengan 8 siswa dengan kategori sangat baik dan 1 siswa berkategori baik. Tetapi dari aspek tidak begantung kepada orang lain serta inisiatif masih rendah. Sehingga dari pihak sekolah dapat mengoptimalkan kegiatan di OSIS supaya beberapa aspek yang memiliki rata rata rendah menjadi meningkat.

 Kata kunci: Kemandirian belajar, siswa, kegiatan OSIS



Full Text:

PDF

References


Ambarwati, A. (2018). Perlaku dan Teori Organisasi. Malang: Media Nusa Creative.

Aqil, D. I. (2016). Pengaruh Aktivitas Organisasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Research and Development Journal of Education, 127-137.

Aziz , A. J. (2017). Self Regulated Learning dalam Al Quran. Jurnal pendidikan agama islam, 81-108.

Fithiryyah, M. U. (2021). DASAR DASAR TEORI ORGANISASI . Jakarta : IRdev.

Junarti, Sukestiyarto, Mulyono, & Dwidayanti, N. K. (2020). The Influence of Independent Learning and Structure Sense Ability on Mathematics Connection in Abstract Algebra . Proceeding Of the International conference on science and education and Technology, 57-64.

Junarti, Zainudin , M., & Novela, Y. (2022). Membangun kKemandirian Belajar Aljabar Abstrak memalaui Modul Pendampingan. Prosiding Seminar Nasional Hybrid, 265-287.

Kurnia, Y. R. (2017). perbedaan kemadirian belajar antara siswa pengurus osis dan anggota ekstrakurikulesr bola basket di sma n 1 seyegan. E-Journal Bimbingan dan Konseling Edisi 2, 157-167.

Nanda , A. (2022). Butir Butir Instrumen Angket Kemandirian Belajar Siswa . Retrieved November 4, 2022, from Butir Butir Instrumen Angket Kemandirian Belajar Siswa : https://www.academia.edu/35489438/Butir_Butir_Instrumen_Angket_Kemandirian_Belajar_Siswa

Nurhayati, E. (2017). Penerapan Scaffolding untuk pencapaian kemandirian belajar siswa . Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran MAtematika, 21-26.

Rijal , S., & Bachtiar , S. (2015). Hubungan antara sikap, kemadirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal BIOEDUKATIKA, 15-20.

Sharon , Z., Tadlok, J., & Daniele, E. (2011). Encouraging Self-Regulated Learning in the Classroom. Metropolitan Educational Research Consortium (MERC), 28.

Slameto. (2010). belajar dan Faktor Faktor yang mempengaruhi . Jakarta: Rineka Cipta.

Tarusu, D. T., Zulela, & Andiansha, A. A. (2020). Inegrasi Pembentukan Karakter Kemandirian Siswa Sekolah Dasar dalam pembelajaran Mtematika di Era Indostri 4.0. Jurnal Ilmiah Mnadala Education, 170-175.

Wahjono, S. I. (2022). Struktur organisasi. In S. I. Wahjono, Bahan Ajar Perilaku Organisasi 2 (pp. 1-19). Surabaya: Universitas Muhamadiyah Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.