Peran Minat Belajar Dalam Memediasi Kecerdasan Intelektual Terhadap Tingkat Pemahaman Manajemen Keuangan
Abstract
Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual terhadap tingkat pemahaman manajemen keuangan dengan minat belajar sebagai vaiiabel mediasi pada mahasiswa manajemen di Unversitas Semarang. Penelitian ini menggunakan data primer yang berbentuk kuesioner diukur dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan metode sensus. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 97 orang mahasiswa. Metode statistik untuk pengujian hipotesis menggunakan PLS. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual dan minat belajar memiliki pengaruh yang signifikan dengan arah positif terhadap tingkat pemahaman manajemen keuangan pada mahasiswa manajemen di Unversitas Semarang. Minat belajar mam[u memediasi pengaruh kecerdasan intelektual terhadap tingkat pemahaman manajemen keuangan pada mahasiswa manajemen di Unversitas Semarang.
Kata kunci—intelektual, belajar, pemahaman, keuangan
Abstract— This study aims to determine the effect of intellectual intelligence on the level of understanding of financial management with interest in learning as a mediating variable in management students at the University of Semarang. This study used primary data in the form of a questionnaire measured using a Likert scale. This study uses the census method. Data was obtained by distributing questionnaires to 97 students. Statistical method for testing the hypothesis using PLS. The results of hypothesis testing show that intellectual intelligence and learning interest have a significant influence in a positive direction on the level of understanding of financial management in management students at the University of Semarang. Interest in learning is able to mediate the effect of intellectual intelligence on the level of understanding of financial management in management students at the University of Semarang.
Keywords— intellectual, learning, understanding, financial
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur (4 ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Durgut, Mehmet, Bilal Gerekan, and Abdulkadir Pehlivan. 2013. The Impact of Emotional Intelligence on the Achievement of Accounting Subject. Jurnal of Business and Social Science, Vol. 4, No. 13
Fanikmah, DA. & Kurnia. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. 5 (7). 1 -17
Ishak, M., Syahidin & Anwar, S. (2016). Pengaruh Minat Belajar Dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal TARBAWY. 13 (2). 120-131
Kebudayaan, K. P. (2013). Pedoman Penelusuran Minat Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama
Mulyasa, E. (2010). Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Inovasi (12 ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Pasek, NS. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelektual Pada Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosi Dan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi. 1 (1), 62-76
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.
Yani, F. (2011). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Pendidikan. Universitas Riau
Zakiah, Farah. (2013). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Jember.
Refbacks
- There are currently no refbacks.