Kajian Pustaka Model Pembelajaran Talking Stick Dan Kemandirian Belajar PPKn Sekolah Menengah Pertama (SMP

Elsa Amalia Risky, Junarti Junarti, Fifi Zuhriah

Abstract


Abstrak - Kajian ini bertujuan untuk mengetahui (1) untuk menggali hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Talking Stick (2) kemadirian belajar yang dimiliki siswa pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) khususnya mata pelajaran PPKn. Metode pada kajian ini dengan menggunakan kajian pustaka dari 22 jurnal nasional. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari artikel tentang penerapan model pembelajaran talking stick dan kemandirian belajar pada mata pelajaran PPKn siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode pengumpulan data yakni dengan cara membaca, mengidentifikasi, menganalisis, mengatakagorikan, mengklasifikasi serta mendeskripsikan. Kemudian hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran talking stick dan kemandirian belajar PPKn pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) menunjukkan perubahan positif. Hasil ini didapat berdasarkan kemandirian belajar yang dimiliki siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang sesuai dengan mata pelajaran PPKn yaitu berasal dari faktor model dan metode yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran serta ditemukan satu faktor yang dominan dihasil kajian ini yaitu faktor motivasi ketika guru mengajak siswa untuk terus melakukan kegiatan membaca. Sedangkan faktor kemandirian yang lainnya belum begitu terbentuk pada diri siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) khususnya pada mata pelajaran PPKn. Pembentukkan karakter kemandirian belajar ini banyak dipengaruhi oleh faktor dari dalam maupun dari luar walaupun model yang digunakan oleh guru sudah menggunakan model pembelajaran talking stick.

Kata kunci: model pembelajaran talking stick, kemandirian belajar, hasil belajar 

Abstract - This study aims to find out (1) to explore the learning outcomes of students who use the Talking Stick learning model (2) the learning skills that students have at the Junior High School (SMP) level, especially PPKn subjects.   The method in this study uses a literature review from 22 national journals. The type of data used is secondary data from articles on the application of talking stick learning models and learning independence in ppkn subjects of junior high school (SMP) students. The method of data collection is by reading, identifying, analyzing, interpreting, classifying and describing. Then the results showed that the talking stick learning model and the independence of learning CID at the Junior High School (SMP) level showed positive changes. This result was obtained based on the learning independence of Junior High School (SMP) students in accordance with the PPKn subject, which comes from the model and method factors used by the teacher in the learning process and foundone dominant factor in the results of this study, namely the motivational factor when the teacher invites students to continue reading activities.  Meanwhile, other independence factors have not been so formed in Junior High School (SMP) students, especially in PPKn subjects.  The formation of the character of learning independence is influenced by many factors from within and from outside even though the model used by teachers has used the talking stick learning model.

Keywords: talking stick learning model, learning independence, learning outcomes

 


Full Text:

PDF

References


Agatha, N. P., Okianna, O., & Atmaja, T. S. (2020). Pengaruh Talking Stick Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(5). DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v10i5.46802

Ardiansyah, M. F., & Suyanto, T. (2019). Hubungan Minat Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Krian. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 7(1).

Azizi, T.M., Abidin, Z., Suharto (2020). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mapel IPS tentang Memahami Kondisi Perkembangan Negara di Dunia Melalui Model Pembelajaran Talking Stick pada Siswa. MAJALAH LONTAR, 32(1), 38-46. DOI: https://doi.org/10.26877/ltr.v32i1.6451

Budiarini, Desak P. 2011. Penerapan Layanan Informasi Belajar untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri I Sukasada Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, vol. 1, no. 1, 2013.

Damayanti, N. K. I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B8 SMP Negeri 6 Singaraja dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 5(3), 52-61. DOI: https://doi.org/10.23887/jpku.v4i1.20835

Junarti, J., Sukestiyarno, Y. L., Mulyono, M., & Dwidayanti, N. Proses Structure Sense Dari Kemandirian Belajar Dalam Membangun Kemampuan Koneksi Matematika Materi Grup. Project Report. CV. Confident.

Kesuma, Dhea (2021) Efektifitas Penggunaan Radio Pada Mata Pelajaran OOJn Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik (Studi Deskriptif di SMP Negeri 1 Leuwimundin). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

Listyowati, Ganil (2008) Pengaruh Persepsi Siswa Mengena Pengelolaan Kelas dan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemandiran Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Badi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mailani, N. L. A. (2013). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa VII-5 SMP Lab Undiksha Singaraja Melalui Model Talking Stick. Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah, 1(1). DOI: https://doi.org/10.23887/jjps.v1i1.1005

Mayasari, M., Hayati, E., Putra, I., Sanusi, S., & Maimun, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Media Persegi Ajaib Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Civic Hukum, 7(1). DOI: https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.20962

Marpaung, R. 2018. Penerapan Metode Diskusi dengan Pendekatan Talking Stick Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Medan: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Manurung, H. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKN Kelas VII-2 SMP Negeri 3 Kota Tebing Tinggi. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 8(1), 98-106. DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i1.9773

Ningrum, D. S., & Sumardjoko, B. (2021). Analisis Penguatan Karakter Religius dan Kemandirian dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Studi Kasus Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2021/2022) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Nugraha, N., Kokotiasa, W., & Qomariah, K. (2015). Pengaruh Metode Talking Stick dalam Pembelajaran PKn Terhadap Pendidikan Siswa SMPN 6 Satu Atap Ngrayun Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo Pelajaran 2014/2015. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 291-301. DOI: :10.25273/citizenship.v3i2.1257

Ocarina, E., Japar, M., Yasin, Y., & Fadfhillah, D. N. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS VII. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 4(1), 5-12.

Putri, O. A. (2012). Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Bagi Siswa Kelas VII-D di SMP Negri 19 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Rajacon PBB, Nyevin. (2019). Implementasi Model Talking Stick Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Siswa Kelas VIII B SMP Dharma Bakti 3 Kota Jambi. Jurnal Implementasi Model Talking Stick Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Siswa Kelas VIII B SMP Dharma Bakti 3 Kota Jambi.

Rince, R., Buwono, S., & Rosyid, R. (2012). Upaya Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Di Kelas VIII C SMP Negeri 1 Nanga Tayap Tahun Pelajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Rosdiani, R., Nasir, M., & Nurfathurrahmah, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas Bertanya Siswa Kelas VIII SMPN 2 Donggo Tahun Pelajaran 2021/2022. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 8-11.

Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Inkuri Terhadap Kemandiran Belajar Siswa di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159-170. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63

Susanty, E., Nurkamto, J., Suharno. (2014) Pengaruh Pembelajaran Cooperatif Tipe Make a Match Dan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Pkn Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Pada Mts N Di Kabupaten Kudus. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 2, no. 2, 257-272.

Susanto, D., Mardiyana, M., & Saputro, D. R. S. (2016, November). Eksperimentasi TTW dan TPS Dengan Talking Stick Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Ngawi Tahun 2016/2017. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.