Kajian Pustaka Tentang Kemandirian Belajar PPKn dan Model Pembelajaran Diskusi Kelompok pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)

Lana Fauziah, Junarti Junarti, Fifi Zuhriah

Abstract


Abstrak- Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk study pendahuluan kemandirian belajar yang menggunakan model pembelajaran Diskusi Kelompok pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).Metode yang digunakan study literatur dengan 15 artikel nasional. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari artikel tentang kemandirian belajar yang menggunakan model pada mata pelajaran PPKn siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Data di kumpulkan dengan menggunakan langkah berikut: membaca, mengidentifikasi, menganalisis, mengkategorikan, mengklasifikasi serta mendeskripsikan. Kemudian hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian pada siswa Sekolah Menengah Atas(SMA). dari 3 artikel, menunjukkan bahwa kemandirian siswa mengalami peningkatan. Selanjutnya hasil belajar, dengan menggunakan model diskusi ,dari 12 artikel menunjukkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan.

 

Kata kunciKemandirian Belajar, Model Pembelajaran Diskusi Kelompok , Hasil Belajar.

Abstract— The purpose of this study is to conduct a preliminary study of learning independence using the Group Discussion learning model for high school students. The method used is literature study with 15 national articles. The type of data used is secondary data from articles on learning independence that uses models in the subjects of Pancasila ideology and citizenship of high school students. Data is collected using the following steps: reading, identifying, analyzing, categorizing, classifying and describing. Then the results of the study show that independence in high school students ,of the 3 articles, shows that student independence has increased. Furthermore, learning outcomes, using the discussion model, from 12 articles show student learning outcomes have also increased.

Keywords—Learning Independence, Group Discussion Learning Model, Learning Outcomes.

 



Full Text:

PDF

References


Aulia Khoirunnisa Firman STKIP PGRI Jombang, N. (2019). “Pengaruh Model Problem Solving Learning Terhadap Kemandirian Belajar Mata Pelajaran Ppkn Pada Peserta Didik Di Man 1 Nganjuk.” http://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/ppkn/indexl

Budihartini, T. (2022). Efektivitas Metode Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mirit. 2(1), 792–797.

Clarke, B. &. (2006). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. La sociedad de la sociedad, 3(22), 5–65.

Fabiana Meijon Fadul. (2019). 済無No Title No Title No Title. 3(1).

Kania. (n.d.). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi terhadap Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Pembelajaran PKn di SMA Pasudan 1 Cianjur. Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan, Fkip Universitas Suryakancana.

Karawang, B. S. (2020). JoCE ; Journal of Community Education. 1, 24–27.

Kewaraganegaraan, J. P., & Volume, H. (2021). THE INFLUENCE OF WALL MAGAZINE-ASSISTED DISCUSSION METHODS ON PENDAHULUAN Pendidikan merupakan sebuah proses pembelajaran pengetahuan , keterampilan , dan kebiasaan sekumpulan manusia yang diwariskan dari satu genereasi ke generasi selanjutnya melalui pen. 10(2), 154–165.

Metode, P., Kelompok, D., Pada, K., & Pendidikan, P. (2011). ABSTRAK Penerapan Metode. 2011.

Norman. (2018). . Disarankan kepada guru mata pelajaran untuk menerapkan metode diskusi dalam PBM agar hasil belajar mata pelajaran PPKn meningkat. Kata Kunci: Hasil belajar, Metode diskusi kelompok. 3, 24–41.

Ramadhani, N., Sembiring, M., & Wibawa, S. (2018). Upaya Meningkatkan Patriotisme Dengan Metode Diskusi Materi Bela Negara Pelajaran Pkn Siswa Kelas Xi Ipa Sma Ypis Maju Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(1), 68. https://doi.org/10.37755/jspk.v1i1.55

Ruslan. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI INTEGRASI NASIONAL DALAM BINGKAI BHINEKA TUNGGAL IKA MELALUI METODE DISKUSI SISWA KELAS X MIPA-1 SMA NEGERI 1 SIGLI TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022. Jurnal Sains Riset, 12(2), 401–407. http://journal.unigha.ac.id/index.php/JSR

Supriyanto, A. (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Melalui Penerapan Model Dilema Moral Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5(2), 116–122.

Wahyuni. (2019). ANALISIS PENERAPAN METODE DISKUSI MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN PPKn KELAS X. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Untan Pontianak, 1–8.

Widiyanti, A. S., & Murdiono, M. (2018). Keefektifan Pembelajaran Berbasis Edmodo terhadap Peningkatan Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, 7(2), 329–339.

Μηχανικων, Τ. Μ., Κοκκινου, Ε., Καραμάνου Ασπασία, Ημοκρατιασ, Τ. Η. Σ. Ε., Κινδύνων, Α., Προστασίας, Π., Ορισμοί, Έ., Ηλία, Π., Δανδουλάκη, Μ., Γαϊτάνη, Ι., Veithzal Rivai, D., Thesis, M., Sloane, G. M. T., Pröbstl-Haider, U., Rogers, A. W., Paciarotti, C., Cesaroni, A., Gorlova, N. I., Troska, Z. A., … Perkins, S. E. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:


Refbacks

  • There are currently no refbacks.