Pemanfaatan PPT dalam Pembuatan Video Animasi Dongeng Sebagai Bentuk Kreativitas Guru

Lusy Novitasari, Cutiana Windri Astuti

Abstract


Abstrak— Pada era teknologi yang berkembang sangat pesat, pendidik atau guru dituntut untuk mampu mengikutinya. Kemampuan memanfaatkan teknologi meskipun yang sangat sederhana, tetapi dapat menyuguhkannya dengan tepat maka akan membuat pembelajaran menjadi efektif dan tepat sasaran. Pemanfaatan program Microsoft Office Power Point dalam pembuatan video animasi dongeng untuk anak usia dini (AUD) menjadi salah satu bentuk kreativitas guru dalam menyampaikan pembelajaran, penanaman nilai karakter, dan pesan tanpa menggurui tapi dapat memberi inspirasi sekaligus memberikan media pembelajaran yang disukai anak. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan program Microsoft Office Power Point dalam pembuatan video animasi dongeng yang bisa dipergunakan guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang peka zaman dan diminati anak didik.

Kata kunci—Power Point, Dongeng, Video, Animasi

Abstract— In the era of technology that is developing very rapidly educators or teachers are required to be able to keep up. The ability to utilize technology, even though it is very simple, but being able to present it properly will make learning effective and on target. Utilization of the Microsoft Office Power Point program in making animated fairy tale videos for early childhood (AUD) is a form of teacher creativity in conveying learning, instilling character values, and messages without being patronizing but can provide inspiration while providing learning media that children like. This paper aims to describe the use of the Microsoft Office Power Point program in making fairy tale animated videos that teachers can use to develop learning media that are time-sensitive and of interest to students.

Keywords— Power Point, Fairy Tales, Videos, Animations

 



Full Text:

PDF

References


Arkam, R. & Mulyono. 2020. Bentuk Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini Berbasis Local Wisdom di TK Muslimat NU 089 Kepatihan Ponorogo. Jurnal Caksana, 3(1), 1-6. Doi: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v3i1.626

Asfandiyar, A. Y. 2007. Cara Pintar Mendongeng. Cetakan I. Bandung:Mizan Media Utama.

Astuti, C. W. 2015. Pengembangan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra. Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(1), 15-22. Diakses secara online dari https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/JBS

Arsyad, A 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Herdiawan, R. D. & Arifin, A. 2017. The Development of Students’ Literacy Skills through Social Media as Popular Culture. The 1st International Conference on Linguistics and English Teaching (ICLET), 1(1), 374-379. Unswagati Cirebon.

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur Intrinsik dan Nilai-nilai Psikologis dalam Naskah Drama “Matahari di Sebuah Jalan Kecil” karya Arifin C Noor sebagai Alternatif Pemilihan Bahan Ajar Sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. Doi https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Hirata, A. (2020). Guru Aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.

Kurniawati, A. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Microsoft Power Point Pada Mata Pelajaran Tekhnologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Plupuh Sragen. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kusmiadi, A., Sriwahyuningsih, Nurfalah, Y. 2008. Strategi Pembelajaran Paud Melalui Metode Dongeng bagi Pendidik Paud. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF -, 3(2), 198-203. https://doi.org/10.21009/JIV.0302.11

Latifah, S. A., Sutejo, & Suprayitno, E. 2021. Nilai Pendidikan Karakter dan Pesan Edukatif dalam Dongeng Nusantara Bertutur. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(2), 127-136. Diakses secara online dari https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/JBS

Lestari, E. & Wulandari, R. S. 2021. Membangkitkan Rasa Ingin Tahu Anak Usia Dini Dengan Cinta dan Cerdik. Qurroti, 3(2), 104-114. Doi: https://doi.org/10.36768/qurroti.v3i2.193

Mangkulo, H. A. 2011. Aplikasi Belajar Interaktif dengan Power Point. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Novitasari, L. & Wulandari, R. S. 2021. Integrasi Nilai Karakter melalui Desain Bahan Ajar Bahasa Inggris untuk Usia Dini. Konstruktivisme, 13(1), 62-77. Doi: https://doi.org/10.35457/konstruk.v13i1.1254

Nurjanah, D. Y., Wulandari, R. S., & Novitasari, L. 2021. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus dalam Persiapan Menulis melalui Kegiatan Kolase. Mentari, 1(2), 69-78. Diakses secara online dari https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari

Purnamasari, I. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbantuan Media Powerpoint, CD Interaktif, dan Macromedia Flash Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika di MAN 1 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Universitas IKIP PGRI Semarang, Semarang.

Pusat Bahasa. 2003. Kamus Pelajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Ramilda, A. R. 2020. Pengembangan Dongeng Jenis Fabel Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Verbal Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Negeri Pembina I Kota Bengkulu. Skripsi: IAIN Bengkulu.

Sari, F. K. 2020. The Local Wisdom in Javanese Thinking Culture Within Hanacaraka Philosophy. Diksi, 28(1), 86-100. Doi: http://dx.doi.org/10.21831/diksi.v28i1.31960

Setiowoti, L., Arkam, R., & Lestari, E. 2022. Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembuatan Karya Berbahan Botol Bekas. Jurnal Mentari, 2(1), 11-17. Diakses secara online dari https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari

Sianipar, P. 2004. Menggunakan Microsoft Office Power Point 2003. Jakarta. Elex Media Komputindo

Subiani, Wulandari, R. S., & Arkam, R. 2022. Peningkatan Hasil Pembelajaran Sains AUD melalui Metode Eksperimen. Jurnal Mentari, 2(1), 45-55. Diakses secara online dari https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari

Suprapto, Widodo, S. T., Suwandi, S., & Wardani, N. E. 2020. The Wisdom of Kidungan: A Sound Representation and a Social Value of Javanese Society. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(6), 1282–1292. Diakses secara online dari http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/9262

Wardiani, R., Wulandari, R. S., Astuti, C. W. & Novitasari, L. 2021. Pembelajaran Alternatif Berbasis Proyek Kreatif Rumah pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PGSD, 14(2), 144-152. Doi: https://doi.org/10.33369/pgsd.14.2.144-152


Refbacks

  • There are currently no refbacks.