Peningkatan Kemampuan Menulis Berita dengan Metode Picture and Picture Di SMP Annur Assalafy Kejayan Kabupaten Pasuruan

Risalah Nur Nur Masyita

Abstract


Abstrak - Meningkatkan keterampilan menulis bagi siswa di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII tidak semudah yang dibayangkan, hal ini dikarenakan anak-anak yang masih duduk di bangku kelas VII SMP dan baru tamat SD masih sangat sulit. untuk menulis. Untuk itu penulis mencoba mengajarkan menulis kepada siswa dengan mudah dan anak-anak termotivasi untuk menulis dengan petunjuk-petunjuk tertentu sehingga mereka dapat merangkai kata dan menulis dengan sangat sederhana. Dan dalam memotivasi siswa untuk menulis, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam meningkatkan keterampilan menulis berita menggunakan media gambar di SMP Annur Assalafy kelas VII yang berjumlah 17 peserta. mendidik. Dan ternyata setelah beberapa kali menerapkan model picture and picture terjadi peningkatan yang signifikan dalam pengembangan kemampuan menulis berita siswa Kelas VII SMP Annur Assalafy. Hal ini karena dengan melihat gambar-gambar peristiwa, mereka termotivasi untuk menuangkannya ke dalam kata-kata sehingga menjadi berita yang sederhana. Ketika siswa diminta untuk menulis berita tanpa disuguhkan gambar-gambar kejadian, mereka masih kesulitan menulis berita, namun setelah diperlihatkan gambar-gambar kejadian, mereka dapat menulis dengan cepat. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model picture and picture ternyata mampu meningkatkan kemampuan menulis berita pada siswa SMP Annur Assalafy Kelas VII.

 

Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran, Metode Picture and Picture, Menulis Berita

 

Abstract - Improving writing skills for students at the seventh grade junior high school (SMP) level is not as easy as imagined, this is because children who are still in seventh grade of junior high school and have just finished elementary school are still very difficult. to write. For that the author tries to teach writing to students easily and children are motivated to write with certain instructions so that they are motivated to be able to string words so they can write very simply. And in motivating students to write, the authors conducted classroom action research by using and applying the picture and picture type cooperative learning model in improving news writing skills using picture media at Annur Assalafy Junior High School class VII, which amounted to 17 participants. educate. And it turned out that after several times applying the picture and picture model, there was a significant increase in the development of news writing skills for Class VII students of SMP Annur Assalafy. This is because by seeing pictures of events, they are motivated to put it into words so that it becomes simple news. When students are asked to write news stories without being presented with pictures of events, they still have difficulty writing stories, but after being shown pictures of events, they can write quickly. This shows that the application of the picture and picture model is actually able to improve the ability to write news in Annur Assalafy Junior High School Class VII students.

 

Keywords: Learning Outcomes, Learning, Picture and Picture Model, writing news

 


Full Text:

PDF

References


Arends. (1989). Learning to Teach. USA: Mc Graw-Hill.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1339

Isjoni. (2011). Cooperative learning: Mengembangkan kemampuan belajar berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Slavin.1994. Model Pembelajaran Cooperatif Script. Jakarta: Airlangga.

Suparno, M. Y. (2009). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suyanto. (1997) Pedoman pelaksaaa penelitian kelas. Jakarta: Dirjen Dikti

Tampubolon, M Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Yunus, S. d. (2009). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.