Kajian Pustaka Tentang Kemandirian Belajar PPKN dan Model Pembelajaran Think Pair Share pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Ferlanda Lintang Putri Dewi Sekartaji, Junarti Junarti, Fifi Zuhriah

Abstract


Abstrak Tujuan pada kajian ini untuk studi pendahuluan tentang kemandirian belajar PPKn dan model pembelajaran think pair share pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Metode yang digunakan studi literatur dengan 21 artikel nasional. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari 9 artikel tentang kemandirian belajar pada mata pelajaran PPKn dan 12 artikel tentang model pembelajaran think pair share pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Pengumpulan data dengan membaca, mengidentifikasi, menganalisis, mengkatagorikan, mengklasifikasikan, serta mendeskripsikan.  Hasil penelitian dari 9 artikel tentang kemandirian belajar PPKn terdapat 5 artikel menunjukkan tingkat kemandirian belajar kategori tinggi, 2 artikel menunjukkan kategori sedang, dan 2 artikel menunjukkan kategori rendah. Selanjutnya hasil menggunakan model pembelajaran think pair share terdapat 12 artikel menunjukkan hasil belajar siswa meningkat.

Kata kunci—Kemandirian belajar, think pair share, hasil belajar

 

AbstractThe purpose of this study is to conduct a preliminary study of civics learning independence and the think pair share learning model for junior high school students. The method used is a literature study with 21 national articles. The type of data used is secondary data from 9 articles on independent learning in Civics subjects and 12 articles on the think pair share learning model for junior high school students. Collecting data by reading, identifying, analyzing, categorizing, classifying, and describing. The results of the research from 9 articles about the independence of learning PPKn, there are 5 articles showing the level of learning independence in the high category, 2 articles showing the medium category, and 2 articles showing the low category. Furthermore, the results of using the think pair share learning model contained 12 articles showing increased student learning outcomes.

KeywordsLearning independence, think pair share, learning outcomes

 


Full Text:

PDF

References


Alinurdin, & Suwahyu. (2019). Mengembangkan Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran PPKn melalui Reward dan Punishment. 6.

Ardiansyah, M. F., & Suyanto Totok. (2019). HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 1 KRIAN. 7.

Gusnita, Melisa, & Delyana, H. (2021). KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SQUARE (TPSq). 3.

Handayani, S., Anderson, I., & Sariani, D. (2021). Peneraapan Moddel Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk menyempurnakan Partisipasi Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Di Kelas. 1.

Harahap, R. A. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KEMANDIRIAN BELAJAR PKn SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING. 7. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jt.v6i4.9061

Hartiningsih, S. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas IXC Semester 1 SMP Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/ 2019. 29.

Hastuti, S. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS)UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PKN MATERI BELA NEGARA PADA SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 3 BATURETNO SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. 9.

Hermawati, R. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 2 LABUAPI .

Junarti, Sukestiyarno, Y., Mulyono, & Dwidayanti, N. K. (2020). Proceedings of the International Conference on Science and Education and Technology (ISET 2019).

Kusaini, A. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar PPKn Materi Pancasila Melalui Metode Think Pair Share Pada Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungagung Semester I Tahun 2019/2020. 3.

Kusomo, D. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Memaknai Peraturan Perundang–Undangan dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sumber Satu Atap Tahun Pelajaran 2019/2020. 1.

Ma’arif, M., & Murdiono, M. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom Terhadap Karakter Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama. 4.

Manurung, J. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN STRATEGI QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRAN DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 SIPOHOLON SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. https://widyasari-press.com/wp-content/uploads/2022/06/13.-Fryday-Situmorang-Model-Kolaboratif-Dengan-Quantum-Teaching-Meningkatkan-Kemandiran-dan-Hasil-Belajar-.pdf

Mediatati, N., & Riawan, S. (2013). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS 7 D SMP NEGERI 1 JAPAH KECAMATAN JAPAH KABUPATEN BLORA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013 . 29.

Musallawati. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Calang Pada Materi Pentingnya Kehidupan Berdemokrasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. 1.

Rahayu, H. O., Sumardjoko, B., & Sumardi. (2014). Kontribusi Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Tanggung Jawab Siswa dan Dampaknya pada Kemandirian Belajar PKn SMP. 09.

Rahmawati, N. (2018). PENGARUH PENERAPAN KOMBINASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA SMP NEGERI 3 JONGGAT .

Sarwiyanto. (2020). PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING DAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA SMPN 10 SURABAYA . 1.

Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI RUMAH. 3.

Sulistyowati, S. N., & Amri, F. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Kemandirian Belajar Siswa Smp Muhammadiyah 1 Jombang di Masa Pandemi Covid-19. 5.

Sumarsya, C. V. (2020). Think Pair Share sebagai Model untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran . 4.

Supomo, W. E. (2017). PENGARUH MODEL THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VII SMP KARTIKA IV 8 MALANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. 19.

Titussiana. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKN) Materi Perumusan Dan Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share . 16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.