Representasi Matematis Siswa SMP Topik SPLDV ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif

Yeni Nuraeni, Eyus Sudihartinih, Elah Nurlaelah

Abstract


Abstrak - Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan gaya kognitif reflektif. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus melibatkan 33 partisipan untuk mengikuti tes gaya kognitif (MFFT) dan diperoleh tiga siswa. Hasil penelitian ditemukan bahwa siswa yang bergaya kognitif reflektif dapat menjawab dengan benar dan tepat pada beberapa soal dalam semua indikator kemampuan representasi matematis.

Kata kunci: Kemampuan representasi matematis, sistem persamaan linear dua variabel, gaya kognitif reflektif.

Abstract - The purpose of this study was to describe the mathematical representation abilities of junior high school students in the matter of a system of two-variable linear equations based on reflective cognitive style. This research was conducted using a qualitative method with a case study involving 33 participants to take a cognitive style test (MFFT) and three students were obtained. The results of the study found that students with a reflective cognitive style were able to answer correctly and correctly on several questions in all indicators of mathematical representation abilities.

Keywords: Mathematical representation ability, two-variable linear equation system, reflective cognitive style

 



Full Text:

PDF

References


Dahlan, J.A. & Juandi, D. (2011). Analisis Representasi Matematika Siswa Sekolah Dasar dalam Penyelesaian Masalah Matematika Kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(1), 128-138. doi: 10.18269/jpmipa.v16i1.273

Fitriani, Inri. (2018). Analisis Representasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah PtLSV Berdasarkan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. (Skripsi). Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas pendidikan Indonesia, Bandung.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matemtika STKIP Siliwangi Bandung. 2(1), 85-99. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.p85-99

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs. Jakarta: Kemendikbud.

Nasution, M. A. (2011). Berbagai Pendekatan dalam proses Belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Rozencwajg, P., & Corroyer F. D. (2005). Cognitive Processes in the Reflective–Impulsive Cognitive Style. The Journal of Genetic Psychology, 166(4), 451–463.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Zhe, Liu. 2012. Survey of Primary Students’ Mathematical Representation Status and Study on the Teaching Model of Mathematical Representation. South China: Normal University at Guangdong. 5(1). 63-76


Refbacks

  • There are currently no refbacks.