Implementasi Lesson Study Dosen IKIP PGRI Bojonegoro dengan Guru SMP untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education

M. Zainudin, Anita Dewi Utami, Hardiningsih Hardiningsih

Abstract


Publikasi ini merupakan bagian dari luaran pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para dosen Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro dengan para guru matematika di Kabupaten Bojonegoro. Pengabdian masyarakat ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas sehingga meningkatkan mutu pendidikan di SMP Muhammadiyah 4 Balen Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan ini melibatkan komponen lesson study, yakni 1 guru matematika tempat pengabdian, 20 siswa kelas VII, dan 2 observer dari IKIP PGRI Bojonegoro. Metode pengabdian masyarakat diawali dengan observasi awal, kegiatan FGD (Focus Group Disscussion), dan kegiatan workshop. Meninjau karakteristik peserta didik usia anak sekolah menengah pertama, yakni dalam fase formal atau berada diusia 12 tahun ke atas. Lesson study ini digunakan sebagai pembinaan profesi guru berkelanjutan berbasis kelas dan kolaboratif untuk mengoptimalkan layanan siswa belajar mulai dari plan (perencanaan), do (pelaksanaan) dan see (refleksi). Hasil pengabdian menunjukkan adanya antusiasme dan partisipasi aktif dari peserta mulai dari acara pembukaan, penyampaian materi workshop dan implementasi lesson study di dalam kelas. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini guru dapat lebih kreatif dan inovatif dalam merencanakan pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Pada akhirnya guru dapat mengeimplementasikan rancangan pembelajaran RME tersebut dalam proses pembelajaran sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas.

 

Kata kunci: Lesson study, Realistic Mathematics Education, Matematika, Pengabdian kepada masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Agung, D. A. G. (2021). Pembelajaran Sejarah Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 4(1), 1. https://doi.org/10.17977/um0330v4i1p1-8

Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142–148. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1119

Fitriani. (2012). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Menerapkan Problem Based Learning Pada Siswa SMPN 4 Palopo. Jurnal Dinamika, 03(1), 32–39.

Gunawan, I. G. D., Pranata, Pramarta, I. M., Mertayasa, I. K., Pustikayasa, I. M., & Widyanto, I. P. (2020). Peningkatan Mutu Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020, 15–30.

Indrawan, P. O. (2017). Prestasi Belajar Siswa Dalam Diklat Lesson Study. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 39–48. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8847

Mashoedah, M. (2015). Kajian Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pelatihan Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(1), 17–25. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.10875

Nopriana, T. (2015). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik berbantuan bahan manipulatif terhadap motivasi belajar matematika. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(2), 80–94.

Prabowo, A., & Ristiani, E. (2011). Rancang Bangun Instrumen Tes Kemampuan Keruangan Pengembangan Tes Kemampuan Keruangan Hubert Maier dan Identifikasi Penskoran Berdasar Teori Van Hielle. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(2), 72–87. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/2618

Rejeki, S., Humaira, Maryani, S., & Nizar. (2018). Lesson Study For Learning Community (LSLC): Pengalaman Berharga Dalam Pengelolaan Pembelajaran Secara Terbuka. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 54–60.

Sari, N. P., Fauzan, A., & Mirna. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika kelas VIII SMP berbasis konstruktivisme. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(3), 30–33.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Sucilestari, R., & Arizona, K. (2019). Kelas inspirasi berbasis media real melalui pendekatan lesson study. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(1), 23–34.

Sumani. (2010). Lesson Study Sebagai Salah Satu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 15(1), 5–6.

Suwoto. (2015). Pembelajaran Matematika Realistik Pada Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Sumbergempol. Dinamika, 15(1), 105–116.

Triwiyanto, T. (2012). Kesulitan-Kesulitan Penyebab Kegagalan Guru SD dalam Program Sertifikasi melalui Penilaian Portofolio. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 18(2), 227–234.

Winarso, W., & Dewi, W. Y. (2017). Berpikir kritis siswa ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer dalam menyelesaikan masalah geometri. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 117–133. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.109


Refbacks

  • There are currently no refbacks.