Hubungan Aplikasi Whatsapp terhadap Hasil Belajar Kecantikan Dasar Kelas X Siswa SMK Negeri 6 Padang

Aniesa Puspa Arum, Harsuyanti R, Melani Tafdila

Abstract


Penelitian ini membahas tentang hubungan aplikasi whatsapp terhadap hasil belajar kecantikan dasar kelas X siswa SMK Negri 6 Padang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif. jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah kuantitatif deskripti. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan aplikasi Whatsapp terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kecantikan dasar di SMK Negeri 6 Padang. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 6 Padang. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X tata kecantikan SMK Negeri 6 Padang yang berjumlah 69 siswa. Pengambilan sampel adalah suatu cara yang digunakan untuk pengambilan sampel dari populasi yang akan diteliti supaya dapat mewakili keseluruhan populasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling. Populasi yang ada dalam penelitian ini nantinya akan memperoleh kesempatan yang sama untuk menjadi sampel, maka sampel yang akan diambil peneliti ambil setengah dari poplasi yaitu 35 siswa.Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : a) Ada hubungan dan signifikansi antara aplikasi whatsapp terhadap hasil belajar kecantikan dasar siswa SMK Negeri 6 Padang. Hal ini dibuktikan dengan hasil r hitung 0,004 < 0,05, b) Ada hubukan dan signifikansi antara antara aplikasi whatsapp terhadap hasil belajar kecantikan dasar siswa SMK Negeri 6 Padang. Hal ini dibuktikan dengan hasil t hitung 3,092 lebih besar dari pada t tabel dengan taraf signifikansi 5% dan N=35 adalah 2,036 maka nilai t hitung > t tabel (3,092 > 2,036)

 

Kata Kunci: Hubungan, Kecantikan, Belajar, Aplikasi


Full Text:

PDF

References


Armos Neolaka, G. A. (2017). Landasan pendidikan. Depok: Kharisma Putra Utama.

Sofar Silaen. (2018). Metodologi penelitiian sosial untuk penulisan skripsi dan tesis. Bogor: Penerbit In Media.

Hasanudin, C. (2017). Media pembelajaran. Yogyakarta: CV BUDI UTAMI.

Ninik Rahayu Ashadi, S. S. (2020). Hubungan pemanfaatan google classroom terhadap hasil belajar mahasiswa ptik pada masa pandemi. Vol.17, No. 2, April 2020, 17, 46-51.

Riadi. (2016). Statistika Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Sugyono. (2008). Statistik nonparametris untuk penelitian. ALVABETA.

Wahyu, H. M. (2014). Hubungan penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar pkn pada siswa kelas X dan XI di sma muhammadiyah 1 banjarmasin. Volume 4 Nomor 7 Mei 2014, 4, 530-536.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.