Degree of Graph Theory as A Tool to Grow Creative Thinking Ability in Fluency Indicator

Puput Suriyah, Ahmad Anshori, Anang Zakariya Ospa, Rinna Rahmawati, Afifatul Abidah, Risa Dewi Pramana

Abstract


Pembelajaran matematika memerlukan kreativitas berpikir peserta didik. Kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam belajar matematika yaitu salah satunya kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif dapat diartikan sebagai kemampuan menyelesaikan masalah dengan lebih dari satu penyelesaian. Tujuan dari kajian ini adalah untuk menjelaskan bahwa sub derajat pada materi teori Graf dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika pada indikator fluency. Kajian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Metode yang digunakan merupakan metode untuk melakukan identifikasi, evaluasi serta interpretasi terhadap seluruh hasil penelitian yang didalamnya menganalisis berbagai macam jenis literatur yang diperoleh melalui pencarian berbagai sumber data. Hasil analisis dari berbagai sumber data menjelaskan bahwa derajat graf diklaim dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika. Hal itu terlihat dari penerapan derajat Graf pada soal latihan. Dari berbagai sumber data yang dianalisis, diperoleh hasil bahwa pertanyaan terbuka tentang sub derajat pada materi teori Graf dapat dijadikan indikasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika.

 

Kata kunci: Derajat, Teori Graf, Kemampuan Berpikir Kreatif, Indikator Fluency


Full Text:

PDF

References


https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/decartesian/article/view/32698

http://etheses.uin-malang.ac.id/31175/3/16610034.pdf

https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv9n1_10/560 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25336/15392#

https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/338

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/6666/4909

http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/9608/10292


Refbacks

  • There are currently no refbacks.