Implementasi Program PKM “Kampung Literasi” untuk Mengatasi Dampak Pandemi

Ahmad Kholiqul Amin, Junarti Junarti, Dhofirul Khasanah

Abstract


Pandemi Covid-19 membawa dampak yang nyata dalam kehidupan masyarakat, tidak hanya dampak sosial namun dampak di dunia pendidikan sangatlah signifikan dengan angka tidak tercapainya KI/KD pada beberapa sekolah cukup tinggi (56%). Hal ini mendorong munculnya beberapa program pemberdayaan yang dilakukan. Program “Kampung Literasi” merupakan program kemitraan antara dosen, mahasiswa sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. Tujuan dari dilaksanakannya program “Kampung Literasi” adalah pemulihan literasi anak-anak khususnya baca dan tulis karena dampak tidak efektifnya pelaksanaan pembelajaran jauh”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui impelementasi program “Kampung Literasi”. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara yang dilakukan dengan para tim pelaksana yang tergabung dalam program ini, serta observasi secara langsung dilapangan. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa tahapan dari pelaksanaan program ini berawal dari identifikasi masalah dan evaluasi kegiatan yang tersaji secara lengkap pada artikel ini.

                                                                                                                                       

Kata kunci:  Impelementasi, Literasi . Pandemi.


Full Text:

PDF

References


Fatmawati, N. I. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119-138.

Meliantina, M. (2019). Menerapkan Budaya Literasi Guru Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Di Era Industri 4.0. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 120-139

Rohmah, I.I.T., Saleh, M., Faridi, A., Fitriati, S.W. (2019) Language Assessment

Pattern for Primary Education in the Content and Language Integrated Learning (CLIL) Classroom Context, Asian EFL Journal, 21(2.2), 101-123.

https://www.elejournals.com/asian-efl-journal/asian-efl-journal-volume-21-issue-2-2-march-2019/

Zati, V. D. A. (2018). Upaya untuk meningkatkan minat literasi anak usia dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 18-21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.