Short Course Public Speaking untuk Meningkatkan Kecakapan Para Milenial Bojonegoro

Siti Ermawati, Ima Isnaini Taufiqur Rohamh, Dwi Sekar Sukma

Abstract


Membekali para milenial muda dengan kecakapan lebih merupakan sebuah upaya konstruktif yang harus dilakukan untuk memberi nilai meningkatkan dan menambah kecakapan para milenial yang dapat digunakan sebagai modal dalam mempersiapkan dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui respon para milenial terhadap kegiatan short course public speaking; 2) persentase peningkatan kecakapan para peserta setelah mengikuti kegiatan short course public speaking.  Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: 1) sejumlah 80% para peserta sangat merespon sangat baik kegiatan ini untuk meningkatkan kecakapan peserta; 2) terdapat sejumlah 73% peningkatan kemampuan para peserta dalam bidang public speaking.

 

Kata kunci: Public Speaking, Short Course, Milenial.


Full Text:

PDF

References


Asrullah, Syam (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence)

Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek, 5

(1), 91-92.

Hojanto, O. (2018) Public Speaking Mastery. Jakarta: PT. Gramedia

Pustaka Utama.

Khoriroh, N (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Keterampilan Bekomunikasi

Terhadap Kemampuan Public Speaking Mahasiswa Program Studi Pendidikan

Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from: https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/13198.

Rohmah, I.I.T., Saleh, M., Faridi, A., Fitriati, S.W. (2019) Language Assessment

Pattern for Primary Education in the Content and Language Integrated Learning (CLIL) Classroom Context, Asian EFL Journal, 21(2.2), 101-123.

https://www.elejournals.com/asian-efl-journal/asian-efl-journal-volume-21-issue-22-march-2019/

Siska dan Sudarjo dan Esti Hayu Purnamaningsih. (2003). Kepercayaan Diri dan

Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa , Jurnal Psikologi, 2 (2), 69-78.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.