Peningkatan Motivasi Belajar Menulis Teks Cerita Inspirasi Berbantuan Media Komik Bisu Siswa Kelas IX SMP

Masnuatul Hawa, Sutrimah Sutrimah, Joko Setiyono

Abstract


Menulis merupakan proses menuangkan kreativitas atau gagasan ke dalam bentuk bahasa tulisan yang bertujuan untuk mengungkapkan isi pikiran, ide, pendapat atau keinginannya melalui tulisan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan dan menjelaskan model pembelajaran awal dalam menulis cerita inspirasi siswa kelas IX SMP Maulana Malik Ibrahim; (2) untuk mendeskripsikan dan menjelaskan peningkatan keterampilan menulis teks cerita inspirasi berbantuan media komik bisu siswa kelas IX SMP Maulana Malik Ibrahim; dan (3) mendeskripsikan dan menjelaskan peningkatan motivasi belajar menulis teks cerita inspirasi berbantuan media komik bisu siswa kelas IX SMP Maulana Malik Ibrahim. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi hasil tindakan. Waktu pelaksanaan dimulai dari bulan Oktober sampai November 2021.Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kondisi awal pembelajaran menulis teks cerita inspirasi siswa kelas IX SMP Maulana malik Ibrahim dilakukan dengan media konvensional dengan bantuan papan tulis dan spidol; 2) terdapat peningkatan hasil beajar menulis teks cerita inspirasi dengan media komik bisu secara signifikan, yaitu siklus 1 rata-rata ketercapaian sebesar 1,5% dan pada siklus 2 mencapai 2,1%; 3) pembelajaran menulis teks cerita inspirasi berbantuan media komik bisu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX SMP Maulana Malik Ibrahim yaitu pada siklus I motivasi sangat baik sebesar 0,15% dan pada siklus II motivasi sangat baik meningkat menjadi 0,45%.

 

Kata kunci: motivasi, pembelajaran, teks inspirasi, komik bisu


Full Text:

PDF

References


Anas, Sudijono. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. jakarta: Raja Grafindo Persaja.

Arif, Syamsul. (2019). Metode Penelitian. Medan: Unimed Press.

Gumelar. (2011). Comic Making. Jakarta: Indeks.

Hartati, Sri. (2021). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Inspiratif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Discovery Learning Pada Siswa Kelas IXB Semester 2 Pada SMP Negeri teras. Jurnal Varidika, 33 (1), 71-87.

Handayani, Puji. (2020). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 04 (2), 396-401.

McCloud, Scott. (2011). Understanding Comics: The Invisible Art), terjemahan S. Kinanti. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Sanjaya, W Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sudjana, Nana&Rifa’i. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Saputro, Anip Dwi. (2015). Aplikasi Komik sebagai Media Pembelajaran. Jurnal MUADDIB, 05 (01), 1-19.

Tarigan, Henry Guntur. (1982). Menulis Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.