Strategi Penerapan Augmanted Reality dalam Pembelajaran Literasi Sain Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Didik Selama Pandemi Covid19

Awanto Twui Wibowo

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa didik pada pembelajaran literasi sain digital melalui penerapan Augmented Reality (AR) selama pandemic Covid19. diketahui bahwa wabah Covid19 memiliki dampak secara mendasar dan masif sehingga menjadikan proses pelaksanaan pembelajaran berubah secara sistematik dari yang semula pelaksanaan belajar mengajar berupa hadir melalui tatap muka (Luring) di ruang kelas menjadi proses menjalani pembelajaran dari rumah (Daring). Augmanted Reality merupakan kemajuan dalam bidang Teknologi informasi bilamana dapat dimanfaatkan secara intensif akan memberikan manfaat dalam mengembangkan dan merubah pola pembelajaran secara mendalam (immersive). Teknologi AR mampu menghasilkan pola tertentu atau efek tambahan (Augmanted) sehingga dapat memberikan representasi terhadap perspektif visual pada obyek dalam proses pembelajaran Leterasi sains secara digital dengan tampilan realitas dan interaktif. Penelitian ini menghasilkan aplikasi media pembelajaran interaktif dengan memrepresetasikan obyek-obyek yang dilakukan pada sebuah lingkungan pembelajaran nyata dalam waktu yang bersamaan pada proses belajar mengajar sehingga memotivasi untuk mampu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan deskriptif analitik dan induksi.

 

Kata kunci: Augmanted Reality, Literasi, Immersive, Kemampuan berfikir, Covid19


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2012). Reliabiltas dan Validitas. Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Aziz Hussin, A. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas for Teaching. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), 92-98.

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/literasi

Ibrahim (2007). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP dalam Matematika melalui Pendekatan Advokasi dengan Penyajian Masalah

Open-Ended. Tesis Sekolah Pasca Sarjana UPI. Bandung.

Kemendikbud (2013), Pendekatan scientific (imiah) dalam pembelajaran. Jakarta, pusbangprodik

Kustiawan, I, (2009). Perancangan media pembelajaran berbasis augmented reality, Bandung. Univrsitas Pendidikan Indonesia

Nurdyansyah. N. dan Widodo Andiek, (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran, Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Nurdyansyah. N. dan Eni Fariyatul Fahyuni, (2016). Inovasi Model Pembelajaran, Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Reigeluth, Charles, M. (1999). Instructional-Design Theories and Models. United State of America. Electronic Pablicing Servicies, Inc

Schunk, D. H., Meece, J. R., & Pintrich, P. R. (2014). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications (4th Ed). Pearson.

Taniredja Tukiran dan Efi Miftah Faridli dan Sri Harmianto, (2011) Model-model Pembelajaran Inovatif,Alfabeta, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.