Ezzlemath untuk Membangun Literasi Bahasa Inggris dan Matematika
Abstract
Ezzlemath (English Puzzle for Mathematics) merupakan puzzle atau teka teki Dwi Bahasa (bilingual-Indonesia dan Inggris) tentang istilah-istilah matematika yang tepatnya ditujukan untuk anak-anak yang bersekolah di SD berdesign ICP (International Class Program). Penelitian deksriptif kualitatif ini bertujuan menggambarkan proses pembuatan serta penerapan Ezzlemath pada anak-anak kelas V SD Muhammadiyah 3 ICP Sumberejo Bojonegoro. Ezzlemath mempermudah anak-anak dalam menguasai istilah-istilah Bahasa Inggris pada mata pelajaran Matematika sehingga mereka mampu memahami dan mengerjakan soal-soal cerita Matematika (Mathematics Problems) yang disajikan dalam Bahasa Inggris. Mereka dapat lebih fokus pada makna istilah-istilah tertentu dengan cara yang menyenangkan yaitu dengan mengerjakan puzzle, lalu menginternalisasi kata-kata tersebut, sehingga ketika mereka dihadapkan pada soal cerita Matematika berbahasa Inggris, maka mereka akan merecall kata-kata dalam puzzle tersebut untuk menangkap arti maksud dari soal cerita.
Kata kunci: Ezzlemath, SD ICP, kelas V
Full Text:
PDFReferences
Ali & Endryansyah. (2015). Application of Learning Strategy of Crossword Puzzle to Improve Student Learning Outcomes in Electrical Engineering Subject Class X SMKN 1 Jetis Mojokerto. Journal of Electrical Engineering Education. 4 (2):367-374.
Babayemi & Akinsola. (2014). Effects of Crosssword-Picture Pizzle Teaching Strategy and Mental Ability on Students’ Achievement in Basic Science in Southwestem Nigeria. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME). 4 (4):8-13.
Coticone, S. R. (2013). Utility o Self-Made Crossword Puzzle as an Active Learning Method to Study Biochemistry in Undergraduate Education. Journal of College Science Teaching. 42 (4):33-37.
Januari, S. T. (2015). Penggunaan Media Games Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 1882-1891. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.ph p/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15664
Muhtarom et al. (2016). Development of Cross Puzzle Games in Mathematics Learning in Class VII SMP. Journal of Pythagoras, 5(1), 20-31.
Nafi & Sulistyo. (2014). Effect of Active Learning with Crossword Puzzle Strategy on Student Results on Competency Standards Install Home Theater at SMK Negeri 2 Surabaya. Journal of Electrical Engineering Education, 3(1), 37-45.
Noviana & Rahman. (2013). The Effectiveness of Word Square Learning Models with Display Assistance on Geometry Materials. Journal of Mathematics Education. 1 (1):90-95.
Raines, D. (2007). A Fun Way to Learn Terminology: The Crossword Puzzle. Nursing for Women's Health, 11(1), 29-31. https://nwhjournal.org/article/S1751- 4851(15)30147-1/abstract.
Wiantara, I.G.N., Astawan, I.G., & Renda, N.T. (2020). Brain Based Learning Using Media Crossword Puzzle Enhances Students Understanding of Concepts and Thinking Skills. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 53 (2), 156-167.
Wijiastuti. (2013). The Effectiveness of Crossword Puzzle Strategies on IPS Learning Outcomes. Journal of Elementary Education, 2(2), 30-34.
Zaini, Hisyam, dkk. (2007). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD (Center for Teching Staff Development).
Refbacks
- There are currently no refbacks.