Ezzlemath untuk Membangun Literasi Bahasa Inggris dan Matematika

Adelia Nathasyach, Ima Kulama Gutami, Oktavia Dwi Widianti, Chyntia Heru Woro Prastiwi

Abstract


Ezzlemath (English Puzzle for Mathematics) merupakan puzzle atau teka teki Dwi Bahasa (bilingual-Indonesia dan Inggris) tentang istilah-istilah matematika yang tepatnya ditujukan untuk anak-anak yang bersekolah di SD berdesign ICP (International Class Program). Penelitian deksriptif kualitatif ini bertujuan menggambarkan proses pembuatan serta penerapan Ezzlemath pada anak-anak kelas V SD Muhammadiyah 3 ICP Sumberejo Bojonegoro. Ezzlemath mempermudah anak-anak dalam menguasai istilah-istilah Bahasa Inggris pada mata pelajaran Matematika sehingga mereka mampu memahami dan mengerjakan soal-soal cerita Matematika (Mathematics Problems) yang disajikan dalam Bahasa Inggris. Mereka dapat lebih fokus pada makna istilah-istilah tertentu dengan cara yang menyenangkan yaitu dengan mengerjakan puzzle, lalu menginternalisasi kata-kata tersebut, sehingga ketika mereka dihadapkan pada soal cerita Matematika berbahasa Inggris, maka mereka akan merecall kata-kata dalam puzzle tersebut untuk menangkap arti maksud dari soal cerita.

Kata kunci: Ezzlemath, SD ICP, kelas V  


Full Text:

PDF

References


Ali & Endryansyah. (2015). Application of Learning Strategy of Crossword Puzzle to Improve Student Learning Outcomes in Electrical Engineering Subject Class X SMKN 1 Jetis Mojokerto. Journal of Electrical Engineering Education. 4 (2):367-374.

Babayemi & Akinsola. (2014). Effects of Crosssword-Picture Pizzle Teaching Strategy and Mental Ability on Students’ Achievement in Basic Science in Southwestem Nigeria. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME). 4 (4):8-13.

Coticone, S. R. (2013). Utility o Self-Made Crossword Puzzle as an Active Learning Method to Study Biochemistry in Undergraduate Education. Journal of College Science Teaching. 42 (4):33-37.

Januari, S. T. (2015). Penggunaan Media Games Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 1882-1891. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.ph p/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15664

Muhtarom et al. (2016). Development of Cross Puzzle Games in Mathematics Learning in Class VII SMP. Journal of Pythagoras, 5(1), 20-31.

Nafi & Sulistyo. (2014). Effect of Active Learning with Crossword Puzzle Strategy on Student Results on Competency Standards Install Home Theater at SMK Negeri 2 Surabaya. Journal of Electrical Engineering Education, 3(1), 37-45.

Noviana & Rahman. (2013). The Effectiveness of Word Square Learning Models with Display Assistance on Geometry Materials. Journal of Mathematics Education. 1 (1):90-95.

Raines, D. (2007). A Fun Way to Learn Terminology: The Crossword Puzzle. Nursing for Women's Health, 11(1), 29-31. https://nwhjournal.org/article/S1751- 4851(15)30147-1/abstract.

Wiantara, I.G.N., Astawan, I.G., & Renda, N.T. (2020). Brain Based Learning Using Media Crossword Puzzle Enhances Students Understanding of Concepts and Thinking Skills. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 53 (2), 156-167.

Wijiastuti. (2013). The Effectiveness of Crossword Puzzle Strategies on IPS Learning Outcomes. Journal of Elementary Education, 2(2), 30-34.

Zaini, Hisyam, dkk. (2007). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD (Center for Teching Staff Development).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.