Analisis Persepsi Mahasiswa tentang Pembelajaran Blended Learning berbasis Moodle pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik

Siti Ermawati, Taufiq Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran perkembangan peserta didik dengan blended learning menggunkan moodle. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra dan mengambil subjek mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris yang berjumlah 30 mahasiswa. Objek penelitian ini berupa proses pembelajaran. Hasil survei menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pandangan positif terhadap penggunaan moodle dalam pembelajaran blended learning, Hasil survei menunjukkan bahwa 86,2% mahasiswa sangat setuju bahwa penggunaan moodle itu memudahkan mereka untuk memahami materi. Dengan demikian, pembelajaran model blended learning berbasis moodle ini dapat dipertimbangankan untuk dapat dilanjutkan dalam pembelajaran selanjutnya. Terkait dengan ini perlu penelitian selanjutnya terutama untuk mengukur efektifitas penggunaan blended learning berbasis moodle pada mata kuliah Perkembangan Peserta Didik.

 

Kata kunci: Blended Learning, Moodle, Perkembangan Peserta Didik


Full Text:

PDF

References


Delialioglu, O., & Yildirim, Z. (2007). Students' perceptions on effective dimensions of interactive learning in a blended learning environment. Educational Technology & Society, 10(2), 133-146.

Karunia, N. 2013. Blended Learning. Paper. Jakarta: UNJ.

Moodle. 2015, About Moodle.[online]. Diakses pada tanggal 20 Desember 2021 dari https://docs.moodle.org/29/en/About_Moodle.

Vaughan, N. (2007). Perspectives on blended learning in higher education International Journal on ELearning, 6(1), 81.

Rusman. (2009). Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran. Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia.

Wasis, D. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.