Analisis Penerapan Metode Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) pada Materi Produksi dan Pertumbuhan Ekonomi

Rika Pristian Fitri, Chyntia Heru Woro Prastiwi, Neneng Rika Jazilatul Kholidah, Heru Ismaya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengimplementasikan model pembelajaran self organized learning environment (SOLE). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Peneliti mendeskripsikan hasil kegiatan pembelajaran dimana hasil penelitian dapat digunakan sebagai pembelajaran. Hasil penelitian ini yaitu semua mahasiswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model SOLE mahasiswa dapat merespon dengan sangat baik, mahasiswa begitu antusias, tugas kelompok yang diberikan oleh dosen bisa diselesaikan oleh semua kelompok dengan baik dan percaya diri Karena dalam pengerjaan tugas mahasiswa bebas menggunakan internet, HP maupun leptop yang terkoneksi dengan internet dan mahasiswa lebih mudah dalam memahami materi tentang produksi dan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, hasil penelitian ini adalah model pembelajaran SOLE dapat membuat mahasiswa mampu berpikir kritis, mahasiswa mempunyai strategi dalam menyelesaikan soal dari dosen dan penguasaan materi lebih mendalam, sehingga mahasiswa dalam menangkap penjelasan materi dari dosen lebih mudah. Model pembelajaran SOLE juga dapat meningkatkan kemandirian belajar pada mahasiswa, mendapat pengalaman dalam melatih literasi dalam menggunakan komputer (internet) dan dapat melatih kesiapan mahasiswa dalam melakukan presetasi.        

 

Kata kunci: metode pembelajaran, Self Organized Learning Environmen


Full Text:

PDF

References


Asmawati, L., Hidayat, S., & Atikah, C. (2021). Penerapan model pembelajaran self organizing learning environment (sole) terhadap kemampuan literasi guru paud. 09(01), 90–106.

Firdaus, F. M., Pratiwi, N. A., Riyani, S., & Utomo, J. (2021). Meningkatkan kemandirian belajar peserta didik sekolah dasar menggunakan Model SOLE saat pandemi Covid-19. 12(1), 1–8.

https://suarabaru.id/2021/03/26/sole-solusi-tepat-untuk-pembelajaran-yang-lebih-bermakna/ . diakses 25 Oktober 2021

Mahmudi, A. (2006). Pembelajaran Kolaboratif [Collaborative learning]. Pembelajaran Kolaboratif, 1–11. http://eprints.uny.ac.id/11996/1/PM - 57 Ali Mahmudi.pdf

Maleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.156

Nyoman, N., & Wati, K. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments Berbasis Tri Kaya Parisudha untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. 2(1), 1–10.

Sarifudin, S. (2019). Deskripsi dan Langkah-langkah Model Pembelajaran SOLE. In Kemendikbud.

Sholichah, A. F. (2019). Pembelajaran Self-Organised Learning Environment ( Sole ) Dalam Penyelesaian Tugas Di Smp Negeri 9 Semarang. In Lib Unnes. https://lib.unnes.ac.id/33343/

Suciati, S. (2021). Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru Penerapan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments ( SOLE ) untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Polimer Pandemi Covid-19 memaksa pembelajaran dilakukan melalui dunia maya yang femiliar dengan sebutan Pembe. 6(3), 321–328.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.