Dampak Presentasi di dalam Kelas terhadap Perkembangan Berbicara dalam Bahasa Inggris di Pembelejaran EFL

Norita Prasetya Wardhani

Abstract


Presentasi adalah salah satu metode yang dapat membantu mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berbicara menggunakan Bahasa Inggris di depan banyak orang. Banyak dampak yang ditimbulkan dari penggunaan metode presentasi ini bagi mahasiswa semester awal di kampus Teknik yang ada di Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak apa saja yang ditimbulkan dari pengaplikasian presentasi menggunakan Bahasa Inggris yang di lakukan secara berkelompok bagi mahasiswa teknik tingkat awal. Dari tujuan penelitian tersebut, Peneliti ingin mengetahui dampak yang ditimbulkan dari metode presentasi dan faktor apa yang menghambat dan mendukung penggunaan metode presentasi. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang melibatkan 50 mahasiswa untuk mengisi kuisionair. Ada empat dampak yang di timbulkan dari presentasi menggunakan Bahasa Inggris. Salah satunya adalah mahasiswa bisa belajar public speaking. Tetapi mahasiswa juga menghadapi hambatan ketika melakukan presentasi di dalam kelas, salah satunya seperti sulit untuk menterjemahkan dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Peneliti juga menemukan tiga faktor utama yang mendukung berjalannya presentasi, yaitu support dan stimulus dari dosen jika mereka lupa atau melakukan kesalahan dalam melakukan presentasi.

Kata Kunci: Presentasi, Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris, Kelas EFL


Full Text:

PDF

References


Al-Nouh, N. A., Abdul-Kareem, M. M., & Taqi, H. A. (2015). EFL College Students’ Perceptions of the Difficulties in Oral Presentation as a Form of Assessment. International Journal of Higher Education, 4(1), 136–150. https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n1p136

Astuti, Retno Puji, & Rohim, A.-. (2018). The effect of student presentation on the eleventh grade student’s speaking skill at sma negeri 24 kabupaten tangerang. Globish: An English-Indonesian Journal for English, Education, and Culture, 7(2), 132–142. https://doi.org/10.31000/GLOBISH.V7I1.842

Dekdouk, F. (2013). Effects of oral presentations on developing EGAP studnets’ communicative competence. https://scholar.google.com/scholar?cluster=1229578174033433403&hl=id&as_sdt=2005&sciodt=0,5

Godev, C. B. (2003). A Procedure for Delivering Successful Oral Presentations in Conversation Classes. NECTFL Review.

Pollard, N., & Sakellariou, D. (2009). Operationalizing community participation in community-based rehabilitation: Exploring the factors. Https://Doi.Org/10.1080/09638280701192980, 30(1), 62–70. https://doi.org/10.1080/09638280701192980

Richards, J. (2006). Developing Classroom Speaking Activities; From Theory to Practice. RELC, Singapore, 3–9. https://www.researchgate.net/publication/237701015

Rust, C., Price, M., & Berry, O. (2010). Improving Students’ Learning by Developing their Understanding of Assessment Criteria and Processes. Http://Dx.Doi.Org/10.1080/02602930301671, 28(2), 147–164. https://doi.org/10.1080/02602930301671

Wardhani, N. P., Pd, S., & Pd, M. (2021). Implementing a virtual presentation in EFL classroom for engineering students. UNNES-TEFLIN National Seminar, 4(1), 330–336. http://utns.proceedings.id/index.php/utns/article/view/124

Wardhani, N. P., & Zuana, M. M. M. (2020). Understanding The Text Content: Applying Asking – Question Technique in English Text for Mechanical Engineering Students. Alsuna: Journal of Arabic and English Language, 3(1), 45–55. https://doi.org/10.31538/ALSUNA.V3I1.678


Refbacks

  • There are currently no refbacks.