Peran Semua Pihak Menghadapi Pengaruh Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19

Bayu Purbha Sakti

Abstract


Kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan physical distancing berpengaruh dalam langkah meredam penyebaran Corona Virus Disease - 19 (Covid-19) tetapi masih banyak masyarakat yang belum disiplin menerapkan pembatasan interaksi fisik. Warga daerah pedesaan telah mempercayai adanya corona tetapi mereka sangat jarang memakai masker apa lagi jika mereka melakukan aktivitas di hutan. Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dilakukan oleh pemerintah telah membuat para orang tua menjadi tambah bingung karena aktivitas pendidikan masih harus dilakukan di rumah dengan pendampingan orang tua. Peran orang tua yang minim membantu saat proses belajar mengajar secara daring telah menjadi faktor penurunan daya tangkap anak dan menjadikan menurunya kualitas belajar. Kebijakan menutup sekolah memiliki dampak pada anak-anak dan remaja di dunia sehingga pemerintah menyarankan respons platform pembelajaran dan perangkat lain seperti pembelajaran jarak jauh (PJJ). Internet dapat digunakan untuk menerima dan menyalurkan informasi baik melalui facebook, instagram, twiter, dan media lainnya yang dapat dijadikan sebagai media belajar yang efektif untuk mengembangkan prestasi salah satunya di bidang pendidikan. Berbagai aplikasi pembelajaran seperti classroom, zoom, atau whatsapp group ataupun platform sudah disediakan oleh pihak Google. Pembelajaran yang dilakukan di rumah dapat membuat orang tua lebih mudah dalam mengawasi terhadap perkembangan belajar anak secara langsung. kegiatan pembelajaran daring telah mengganggu proses interaksi fisik antara guru dengan siswanya. Pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring memiliki banyak kendala dan salah satunya adalah kurangnya pengetahuan teknologi guru dan siswa. kegiatan pembelajaran daring yang dilakukan hanya transfer pengetahuan saja, tidak ada yang bisa menjamin siswa mendapatkan pendidikan karakter dari kedua orang tua mereka sesuai dengan nilai-nilai yang selama ini diajarkan oleh institusi pendidikan. Para siswa bisa menjadi akan kehilangan setahun penuh dengan pendidikan karakter yang nilainya sangat berharga sebagai bekal menjalani kehidupan. Sosialisasi penanganan penyebaran Covid-19 telah dilaksanakan dengan menggunakan pembagian brosur di rumah-rumah warga, menempel stiker, pemasangan spanduk, dan sosialisasi face to face di kediaman warga. Pemerintah harus dapat memberikan jaminan perlindungan sosial, ketenangan, keamanan, kenyamanan, kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan kepada masyarakat terutama di bidang pendidikan. Peran orang tua sangat penting dalam memfasilitasi setiap kegiatan belajar anak di rumah dan menyediakan fasilitas sarana prasarana pembelajaran daring. Keterampilan guru dalam mengelola model pembelajaran daring harus ditingkatkan karena guru harus dapat memberikan variasi tugas yang lebih menantang.

Kata kunci: pembelajaran daring, pandemi Covid-19, pendidikan karakter


Full Text:

PDF

References


Aco, H. (2021). Luhut Sebut Butuh 1- 2 Minggu untuk Memahami Efek Varian Omicron Terhadap Vaksin Covid-19 - Tribunnews.com. https://www.tribunnews.com/corona/2021/11/29/luhut-sebut-butuh-1-2-minggu-untuk-memahami-efek-varian-omicron-terhadap-vaksin-covid-19

Adelia, M. K., & Laksmi, L. (2018). Transfer Pengetahuan Melalui Media Sosial Oleh Staf Ahli Anggota Lembaga Negara Mahardhika. BACA: JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI, 39(1), 77–90. https://doi.org/10.14203/J.BACA.V0I0.348

Akbar, R. (2021). Sikerei: Soal Corona Kami Percaya Kalau Masker Kami Sangat Jarang. https://www.mentawaikita.com/baca/5762/sikerei-soal-corona-kami-percaya-kalau-masker-kami-sangat-jarang

Amirullah. (2021). Belanda Konfirmasi 13 Kasus Varian Omicron yang Tiba dari Afrika Selatan - Dunia Tempo.co. https://dunia.tempo.co/read/1533647/belanda-konfirmasi-13-kasus-varian-omicron-yang-tiba-dari-afrika-selatan/full&view=ok

Febriantina, S., Riswono, D. A., Aprilia, L., Sabrina, & Ukhfiya, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar. JPPD: Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 7–15.

Humaera, R., & Rusdinal. (2021). Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring Disekolah Dasar Pada Masa Covid-19. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 8–14. https://doi.org/10.24036/JBMP.V10I1.110834

Iskandar, R. (2020). Penggunaan Grup Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Peserta Didik Diniyah Takmiliyyah Awaliyyah (DTA) At-Tawakal Kota Bandung. Jurnal Comm-Edu, 5492, 97–101.

Iswardhany, R., & Rahayu, S. (2020). Pengaruh Interaksi Sosial Guru Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Di Jurusan Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 1 Cilaku Cianjur. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2), 78–88. https://doi.org/10.21831/jpts.v2i2.36342

Mamluah, S. K., & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 869–877. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I2.800

Nafika, E. (2021). Menurunya Kualitas Belajar Saat Daring pada Masa Pandemi - Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/emiliyanafika2/619c735cc26b772ca63d2312/menurunya-kualitas-belajar-saat-daring-pada-mas-pandemi

Nastia, N., Sa’ban, L. M. A., Ramadhan, L. F., Somat, S., & Ramuli, M. (2021). Penanganan Penyebaran Covid-19. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 5(1), 56–67. https://doi.org/10.36841/INTEGRITAS.V5I1.702

Nurhasanah. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 pada Kelompok B.5 TK Kemala Bhayangkari Bone. Educhild, 2(2), 58–67. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/nsv42

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa Di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94–101. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081

Rifadi, S. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1689–1694.

Rosidi, A. (2021). Pendidikan dalam Bayang – Bayang PPKM - Pelita Banten. https://www.pelitabanten.com/opini/pendidikan-dalam-bayang-bayang-ppkm/

Sakti, B. P. (2019). Student Profile Toword Course Activities At PGSD FKIP University Widya Dharma Klaten. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 34–45. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/view/1220

Sakti, B. P. (2020a). Upaya Peningkatan Guru Profesional Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Globalisasi. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 74–83. https://doi.org/10.32507/ATTADIB.V4I1.632

Sakti, B. P. (2020b). The Role Of Parents And Teachers In Supervising Primary School Student’s Attitude Due To Influence From Technology Based On Industrial Revolution 4.0. Prosiding Seminar Nasional PBSI UPY, 1(1), 179–186. http://prosiding.pbsi.upy.ac.id/index.php/2019/article/view/26

Sakti, B. P. (2021a). Indikator Pemahaman E-Portfolio Dalam Blended Learning Untuk Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding PGSD UPY. https://doi.org/10.31219/OSF.IO/2Z58N

Sakti, B. P. (2021b). Persepsi Para Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring: Studi Pada Sebuah Sekolah Dasar Di Daerah Pinggiran Klaten. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 58–65. https://doi.org/10.37478/JPM.V2I1.864

Sakti, B. P., & Ayu, R. E. (2021). Online Learning Implementation at Public Elementary Schools in Urban Outskirts. Musamus Journal of Primary Education, 2021(2), 115–124. https://doi.org/10.35724/MUSJPE.V3I2.3376

Sakti, B. P., & Budiyono, S. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di SDN 1 Kragilan. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 65–70. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/3860

Sawitri, Y. M. (2021). 11 Penerapan Physical Distancing Demi Mencegah Penyebaran Corona Covid-19 - Bola Liputan6.com. https://www.liputan6.com/bola/read/4219894/11-penerapan-physical-distancing-demi-mencegah-penyebaran-corona-covid-19

Simamora, P. R. T. (2019). Pengaruh Media Internet Terhadap Prestasi Siswa-Siswi Di Sma Negeri 17 Medan. Darma Agung, 17(1), 894–900.

Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 29–33. https://doi.org/10.26737/JPDI.V4I2.1236

Tuwu, D., Laksmono, B. S., Huraerah, A., & Harjudin, L. (2021). Dinamika Kebijakan Penanganan Pandemi COVID-19 Dalam Perspektif Kesejahteraan Sosial. Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 10(2), 97–110. https://doi.org/10.33007/SKA.V10I2.2158

Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi Berbasis Android saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6386


Refbacks

  • There are currently no refbacks.